PARENTING

10 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Dimiliki

Saat membeli perlengkapan bayi baru lahir, fokuslah pada hal-hal penting yang akan membantu Moms melewati bulan-bulan pertama. Perlengkapan seperti kursi makan atau mainan bisa menunggu sampai Si Kecil lebih besar. Dengan daftar 10 perlengkapan bayi baru lahir di bawah ini, Moms mungkin dapat menyortir kembali daftar belanjaan: mana perlengkapan bayi baru lahir yang harus dimiliki dan mana yang bisa ditunda. Berikut daftar perlengkapan bayi baru lahir yang harus dimiliki, termasuk sabun mandi yang harus disesuiakan dengan ph kulit bayi:

1. Popok 

Bayi baru lahir akan sering pipis dan pup,  karena itulah popok kain dan popok sekali pakai menjadi perlengkapan bayi baru lahir yang harus dimiliki.  Selain lebih hemat, popok kain juga lebih aman untuk kulit bayi karena bebas dari bahan kimia. Umumnya popok kain akan digunakan selama bayi di rumah, sementara pada malam hari atau saat bayi bepergian, popok sekali pakai atau pospak menjadi salah satu pilihan. 

2. Perlak

Perlengkapan bayi baru lahir lain yang harus dimiliki adalah perlak. Ketika bayi tidak menggunakan pospak, perlak bisa membantu menjaga kebersihan kasur bayi.

3. Bedong

Membedong bayi merupakan kebiasaan yang sudah dilakukan turun-temurun. Jadikan bedong menjadi perlengkapan bayi baru lahir yang harus dimiliki karena tidak hanya akan membantu bayi lebih tenang, tetapi juga memudahkannya tidur lebih cepat. 

4. Krim ruam popok

Krim popok seperti Pure Baby Skin Rescue Rash Cream yang diformulasikan khusus dengan bahan alami pilihan untuk membantu melindungi kulit sensitive bayi dari kemerahan akibat udara panas, ruam popok, dan bakteri penyebab iritasi. Diperkaya dengan Ekstrak Kolostrum dari sapi & Vitamin E sebagai sumber nutrisi untuk menjaga kulit bayi tetap lembut dan sehat, serta Zinc Oxide untuk membantu meringankan kemerahan dan iritasi ringan pada kulit bayi.

5. Peralatan mandi

Masukkan peralatan mandi sebagai perlengkapan bayi baru lahir yang harus dimiliki, termasuk bak mandi dan berbagai produk perawatan bayi, seperti sabun dan sampo yang disesuaikan dengan ph kulit bayi dan sudah teruji klinis tidak menyebabkan iritasi di kulit si kecil bahkan untuk bayi baru lahir sekalipun. Sebagai rekomendasinya, Moms bisa menggunakan rangkaian produk perawatan bayi dari Pure Baby, seperti Pure Baby Happy Time Head to Toe Wash. Moms tidak perlu khawatir, sebab Pure Baby Happy Time Head to Toe Wash mengandung formula yang tidak pedih di mata (mild on eyes).


Artikel lainnya: 5 Perlengkapan Mudik Bersama si Buah Hati yang Tidak Boleh Ketinggalan


6. Bantal menyusui

Bantal menyusui bermanfaat untuk meninggikan posisi bayi tepat berada di depan puting Ibu. Posisi ini akan membuat punggung, bahu, dan leher Ibu tetap rileks saat menyusui.

7. Baju

Tak perlu yang mewah karena bayi baru lahir menghabiskan sebagian besar waktunya dengan meringkuk tidur di rumah. Pilih baju bayi yang mudah dipakai dan dilepas serta terbuat dari bahan katun yang lembut. 

8. Pompa menyusui

ASI perah terkadang dibutuhkan agar Ibu memiliki kesempatan beristirahat sejenak atau dijadikan stok saat Ibu sudah harus kembali bekerja. Untuk itulah pompa asi menjadi perlengkapan bayi baru lahir yang harus dimiliki. 

9. Termometer

Dengan mengetahui suhu tubuh bayi, Ibu akan tahu jika Si Kecil mengalami demam dan bisa segera melaukan tindakan tepat untuk mengatasi demam yang sedang dialami.

10. Minyak telon

Moms juga bisa menyediakan minyak telon untuk berjaga-jaga dan  dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti meredakan perut kembung, menghangatkan, dan melindungi Si Kecil dari gigitan nyamuk dan serangga. Mengingat tidak semua kulit bayi bisa menoleransi minyak telon, coba oleskan sedikit minyak telon di kulit bayi untuk mengetahui apakah ada reaksi alergi yang terjadi. Jika muncul kemerahan atau iritasi pada bayi, segera hentikan penggunaannya ya, Moms.


Artikel lainnyaMemilih Produk Mandi untuk Kulit Bayi Sensitif

Monday, 03 June 2024

SUBSCRIBE TO PURE BABY NEWSLETTER SUBSCRIBE