BABY CARE

Lebih Berhati-hati, Kenali Ciri-ciri Bayi Alergi Sabun Mandi Berikut Ini

Alergi terhadap sabun mandi atau produk perawatan kulit tertentu bisa terjadi pada bayi, dan ciri-cirinya dapat bervariasi. Berikut adalah beberapa ciri-ciri bayi alergi sabun mandi yang bisa Moms simak.

1. Muncul Ruam, Kemerahan atau Pembengkakan

Salah satu tanda umum alergi adalah munculnya ruam kulit. Ruam bisa berupa bercak kemerahan, atau bengkak pada area yang terkena sabun mandi. Kulit bayi yang alergi dapat menjadi kemerahan atau mengalami pembengkakan, terutama di area yang sering terpapar sabun mandi, seperti wajah, tangan, atau area lipatan kulit.

2. Gatal-gatal atau Rasa Tidak Nyaman

Bayi yang alergi terhadap sabun mandi mungkin merasakan gatal-gatal atau rasa tidak nyaman pada kulit mereka setelah menggunakan produk tertentu.

3. Kulit Kering atau Bersisik

Produk yang menyebabkan alergi dapat mengakibatkan kulit bayi menjadi kering dan bersisik. Kulit mungkin terlihat kasar dan kehilangan kelembapan alaminya.

4. Mata Merah atau Berair

Jika sabun mandi masuk ke mata bayi, itu dapat menyebabkan mata merah, berair, atau iritasi. Mata yang teriritasi bisa menjadi tanda alergi terhadap produk tertentu.

Cara mencegah bayi mengalami alergi sabun mandi

Jika Moms mencurigai bahwa Buah Hati memiliki alergi terhadap sabun mandi, segera hentikan penggunaan produk tersebut dan basuh kulit bayi dengan air bersih. Konsultasikan dengan dokter anak untuk diagnosis yang lebih akurat dan rekomendasi perawatan yang tepat. Sebagai tindakan pencegahan alergi sabun mandi, lakukan juga beberapa hal berikut ini.

  1. Pilihan pertama yang penting adalah memilih sabun mandi yang diformulasikan khusus untuk bayi. Pastikan produk tersebut bebas dari bahan kimia keras, SLS, paraben dan pewarna yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit bayi yang sensitif.
  2. Sebelum membeli atau menggunakan sabun mandi baru, telitilah membaca bahan-bahan yang tercantum pada label kemasan.
  3. Lakukan uji coba pada sebagian kecil kulit bayi. Oleskan sedikit produk di area kecil dan perhatikan apakah ada reaksi alergi dalam beberapa jam.
  4. Pilih produk dengan pewangi yang lembut atau bahkan memilih yang bebas pewangi.
  5. Batasi frekuensi mandi sesuai dengan kebutuhan bayi, biasanya dua hingga tiga kali seminggu. Sebab mandi terlalu sering dapat menghilangkan minyak alami dari kulit bayi dan menyebabkan kekeringan.
  6. Ketika mandi, bersihkan tubuh Buah Hati menggunakan handuk berbahan lembut.

Rekomendasi sabun mandi bayi yang bisa Moms gunakan adalah Pure Baby Happy Time Head to Toe Wash merupakan sabun sekaligus sampo khusus bayi yang diformulasikan khusus dengan bahan alami pilihan untuk membersihkan rambut dan kulit bayi, sehingga tetap sehat, lembut, dan halus. Pure Baby Happy Time Head to Toe Wash diperkaya dengan Ekstrak Kolostrum dari sapi dan Minyak Almond sebagai sumber nutrisi untuk melindungi kulit bayi dari kekeringan, merawat rambut tetap halus, dan mudah diatur.

Selain dilengkapi kandungan bahan alami yang baik untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kulit bayi, berikut ini beberapa alasan lain yang membuat Pure Baby Happy Time Head to Toe Wash menjadi salah satu produk perawatan kulit dan rambut yang wajib ada di rumah.

  1. Sudah teruji secara dermatologis (dermatologically tested).
  2. Tidak mengandung bahan yang menyebabkan alergi (non-allergy formula).
  3. Mengandung bahan alami dengan pH seimbang untuk menjaga kulit bayi yang masih sangat halus (pH balanced).
  4. Tidak mengandung paraben yang dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi (no added paraben).
  5. Tidak mengandung SLS (no added sodium laureth sulfate).
  6. Diformulasikan khusus untuk kulit bayi yang teramat halus (for baby’s delicate skin).

Monday, 04 December 2023

SUBSCRIBE TO PURE BABY NEWSLETTER SUBSCRIBE