BABY CARE

Agar Lebih Berhati-hati, Pahami Ciri-ciri Bayi Alergi Sabun Mandi Berikut Ini

Momen memandikan bayi merupakan momen yang menyenangkan dan dapat dijadikan sebagai cara untuk meningkatkan bonding antara Moms dan Buah Hati. Seperti bayi yang baru selesai mandi pada umumnya, mereka akan terlihat segar, wangi, lembut, dan menggemaskan. Namun, bagaimana jika yang terjadi justru sebaliknya? Muncul bintik-bintik merah yang membuat Buah Hati merasa tidak nyaman dan berujung rewel.

Hmm, jika Buah Hati mengalaminya, maka bisa jadi sabun mandi yang digunakan memicu reaksi alergi pada kulit tubuhnya nih, Moms. Namun tak perlu khawatir, untuk mengetahui cara mengatasi alergi pada kulit bayi, simak penjelasannya berikut ini.

Ciri-ciri bayi alergi sabun mandi

1. Muncul ruam kemerahan atau benjolan kecil berwarna merah

Keluhan ini biasanya muncul di bagian kulit kepala, wajah, dan dahi pada bayi yang berusia kurang dari enam bulan. Sementara pada bayi usia enam bulan hingga satu tahun lebih banyak mengalami ruam di bagian lutut dan siku akibat alergi sabun mandi.

2. Bayi sering menggaruk kulitnya karena gatal

Kondisi ini terjadi akibat tubuh melepaskan zat kimia histamin yang menyebabkan reaksi gatal akibat alergi.

3. Kulit kering

Ditandai dengan kulit yang kering dan bersisik di bagian tangan, kaki, dan wajahnya. Tak jarang juga kondisi ini menimbulkan gatal dan membuat Buah Hati akan lebih sering menggaruknya.

Bukan tanpa sebab, ciri-ciri bayi alergi sabun ini biasanya muncul karena kulitnya yang masih sangat lembut dan sensitife terpapar kandungan bahan yang tidak cocok dengan kulitnya. Oleh karena itu, Moms perlu lebih teliti dalam mengenali kandungan sabun yang digunakan dapat menyebabkan alergi pada kulit Buah Hati atau tidak.

Cara mengatasi alergi pada bayi akibat penggunaan sabun mandi yang tidak cocok

Moms, saat Buah Hati mengalami ruam kemerahan, gatal, dan kulit tubuh menjadi kering terutama setelah mandi, maka langkah utama yang harus dilakukan adalah dengan menghentikan penggunaan produk mandi bayi dengan segera, salah satunya adalah sabun mandi.

Pastikan untuk selalu menggunakan sabun mandi khusus bayi. Sebelum membeli produknya, pastikan untuk cek dan baca kandungan yang terdapat pada kemasan produk untuk menghindari kandungan yang dapat menyebabkan iritasi dan masalah kulit, seperti beberapa hal berikut ini :

  1. Pilih produk yang bebas pewangi dan pewarna buatan.
  2. Memilih produk yang bebas paraben dan phthalates. Paraben merupakan zat pengawet, sedangkan phthalate biasa digunakan sebagai pelembut pada produk perawatan kulit. Tak hanya berisiko membuat kulit bayi mengalami alergi, kedua kandungan ini juga bisa memicu gangguan pada tumbuh kembangnya.
  3. Memilih produk berlabel hypoallergenic atau dermatologically tested yang menunjukkan bahwa produk tersebut memiliki risiko yang lebih rendah untuk membuat bayi mengalami reaksi alergi.
  4. Bebas alkohol (ethyl alkohol atau etanol) yang dapat mengiritasi kulit bayi yang sensitif.
  5. Memilih produk yang sesuai dengan pH kulit bayi, yaitu sekitar 5,5. Moms juga bisa memilih produk dengan pH netral selama kulit bayi tidak kering dan tetap lembap.
  6. Terbuat dari bahan dasar alami sehingga aman untuk digunakan pada bayi.

Sebagai rekomendasinya, Moms bisa memilih Pure Baby Happy Time Head to Toe Wash sebagai salah satu rangkaian produk mandi Buah Hati. Sebab Pure Baby Happy Time Head to Toe Wash diformulasikan dengan bahan alami ekstrak kolostrum dari sapi dan minyak almond sebagai sumber nutrisi untuk melindungi kulit bayi dari kekeringan.

Sudah teruji secara dermatologis, non-allergy formula, no added paraben dan pH balanced Pure Baby Happy Time Head to Toe Wash aman digunakan pada kulit bayi yang baru lahir dan tidak menyebabkan iritasi loh, Moms! Yuk, lengkapi rangkaian produk perawatan bayi di rumah dengan Pure Baby Happy Time Head to Toe Wash sekarang juga!

Wednesday, 11 January 2023

SUBSCRIBE TO PURE BABY NEWSLETTER SUBSCRIBE