BABY CARE

Apakah Bayi yang Baru Lahir Bisa Mengalami Alergi Sabun Mandi?

Moms, bayi yang baru lahir tentu bisa mengalami alergi sabun mandi yang digunakannya. Biasanya, kondisi ini terjadi akibat paparan allergen yang terdapat dalam kandungan bahan sabun mandi yang kemudian menempel pada kulit bayi yang masih sangat halus, tipis, sensitif, dan rentan iritasi. Alergi ini dapat berupa bintik merah atau kulit kering dan kemerahan disertai rasa gatal yang membuat bayi merasa tidak nyaman dan berujung rewel.

Apa yang harus dilakukan saat bayi mengalami alergi sabun mandi?

Hal utama yang harus Moms lakukan adalah segera menghentikan penggunaan produk sabun mandi bayi yang biasa digunakan untuk membersihkan Buah Hati saat mandi. Setelah itu, lakukan beberapa tips berikut ini.

1. Lebih teliti saat memandikan bayi

Usahakan untuk memandikan bayi tidak terlalu lama. Selain itu, gunakan air bersih bersuhu hangat untuk memandikannya.

2. Mengeringkan tubuh dengan baik

Setelah memandikan bayi, pastikan untuk mengeringkan tubuhnya dengan baik menggunakan handuk berbahan lembut, terutama di bagian lipatan tubuhnya.

3. Hindari penggunaan bedak dan minyak telon

Saat anak mengalami alergi sabun mandi, sebaiknya hindari dulu penggunaan bedak dan minyak telon pada tubuhnya. Cukup berikan pakaian yang nyaman, tidak terlalu tebal dan berbahan panas, serta mudah menyerap keringat. Oleskan juga krim di bagian yang mengalami alergi secara berkala untuk membantu meredakan keluhannya lebih cepat.

4. Mengganti produk sabun mandi

Setelah menghentikan penggunaan sabun mandi, segera ganti produk perawatan tubuh bayi dengan memerhatikan beberapa hal berikut ini.

  • Pilih produk sabun mandi yang bebas pewangi dan pewarna buatan yang dapat berpotensi mengiritasi kulit bayi, terutama kulit bayi yang sensitif.
  • Memilih produk yang bebas paraben dan phthalates. Paraben merupakan zat pengawet, sedangkan phthalate biasa digunakan sebagai pelembut pada produk perawatan kulit. Tak hanya berisiko membuat kulit bayi mengalami alergi, kedua kandungan ini juga bisa memicu gangguan pada tumbuh kembangnya.
  • Memilih produk berlabel dermatologically tested.
  • Bebas alkohol (ethyl alkohol atau etanol) yang dapat mengiritasi kulit bayi yang sensitif.
  • Memilih produk yang sesuai dengan pH kulit bayi, yaitu sekitar 5,5. Moms juga bisa memilih produk dengan pH netral selama kulit bayi tidak kering dan tetap lembap.
  • Terbuat dari bahan dasar alami sehingga aman untuk digunakan pada bayi. Namun, pastikan Moms atau anggota keluarga lainnya tidak memiliki alergi terhadap beberapa bahan alami tertentu yang bisa menurun ke bayi, ya.

Memilih produk perawatan bayi, terutama sabun mandi tentu bukanlah hal yang bisa dilakukan secara sembarangan. Untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kulit bayi tanpa menyebabkan alergi, Moms bisa menggunakan Pure Baby Happy Time Head to Toe Wash yang tak hanya bisa dijadikan sebagai sabun, tetapi juga bisa menjaga kebersihan dan kelembutan rambut bayi.

Hal ini karena Pure Baby Happy Time Head to Toe Wash diformulasikan dengan bahan alami dan diperkaya ekstrak kolostrum dari sapi dan minyak almond yang bermanfaat untuk menutrisi sekaligus melindungi kulit bayi dari kekeringan. Pure Baby Happy Time Head to Toe Wash juga sudah teruji dermatologically tested, non-allergy formula, no added paraben dan pH balanced sehingga aman digunakan pada kulit bayi yang baru lahir dan sensitive sekalipun Dengan Pure Baby Happy Time Head to Toe Wash, Moms tak perlu khawatir Buah Hati mengalami alergi sabun mandi lagi, deh!

Friday, 06 January 2023

SUBSCRIBE TO PURE BABY NEWSLETTER SUBSCRIBE