BABY CARE

Penyebab Rambut Bayi Tipis yang Wajib Moms Simak

Kesehatan dan keindahan rambut bayi seringkali menjadi sorotan tersendiri bagi para ibu. Namun, jika memperhatikan bahwa rambut Si Buah Hati tampak tipis, mungkin Anda bertanya-tanya apa yang menjadi penyebabnya. Sebelum khawatir, ada baiknya untuk memahami beberapa penyebab rambut bayi tipis berikut ini.

1. Faktor Genetik

Genetika memainkan peran penting dalam penentuan karakteristik rambut seseorang, termasuk rambut bayi. Jika Anda atau pasangan memiliki rambut tipis, ada kemungkinan bahwa rambut bayi juga akan tipis.

2. Usia

Rambut bayi sering kali tumbuh dengan pola yang berbeda-beda dan dapat mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Rambut yang tampak tipis pada bayi mungkin akan bertambah tebal seiring bertambahnya usia.

3. Perubahan Hormonal

Seperti halnya orang dewasa, perubahan hormonal juga dapat memengaruhi pertumbuhan rambut pada bayi. Pada beberapa kasus, fluktuasi hormon tertentu dapat menyebabkan rambut bayi menjadi tipis atau tumbuh dengan lambat.


Artikel lainnyaHindari Hal Ini Agar Rambut Bayi Tumbuh Lebat dan Sehat


Tips merawat rambut bayi yang tipis

Bayi lahir dengan rambut berbeda-beda. Ada yang lahir dengan rambut tipis dan ada yang lebat. Semua adalah normal.  Faktor genetik memainkan peran dalam menentukan tebal tipisnya rambut.  Para ilmuwan juga menduga ketebalan rambut bayi ada  hubungannya dengan hormon estrogen ibu saat hamil. Kadar hormon estrogen yang tinggi saat bayi dalam kandungan, bisa mempercepat pertumbuhan rambutnya sehingga si Kecil lahir dengan rambut yang lebih tebal.

Setelah memahami penyebab rambut bayi tipis, penting untuk mengetahui cara merawatnya dengan benar. Terlepas dari apakah si Kecil lahir dengan rambut tipis atau tebal, berikut tips perawatan rambut bayi yang bisa disimak.

1. Sisir dengan lembut

Saat menyisir rambut si Kecil, selalu gunakan sisir khusus yang memiliki bulu-bulu lembut. Untuk rambut yang basah sehabis keramas, gunakan sisir bergigi lebar agar rambut bayi tidak tertarik.

2. Cuci rambut secara berkala 

Rambut bayi perlu dicuci sekali atau dua kali seminggu. Saat mencuci rambut si Kecil, pijat juga kulit kepala bayi dengan lembut untuk membantu meningkatkan aliran darah dan menstimulasi folikel rambut. 

3. Gunakan aksesori yang aman

Pilihlah aksesori, seperti bando atau dan jepit yang nyaman sehingga tidak menyakiti si Kecil. Hindari juga menguncir rambut terlalu kencang karena dapat membuat si Kecil tidak nyaman

4. Gunakan produk yang ramah bayi

Pilihlah produk yang diformulasikan untuk bayi dan newborn, seperti Pure Baby Hair-Gro Shampoo. Pure Baby Hair-Gro Shampoo diformulasikan khusus dengan bahan alami pilihan untuk membersihkan rambut dan kulit kepala dengan lembut. Diperkaya dengan Ekstrak Kolostrum dari sapi dan Minyak Almond sebagai sumber nutrisi untuk melindungi kulit kepala dari kekeringan, Pure Baby Hair-Gro Shampoo bantu para ibu dalam merawat rambut Si Buah Hati agar tetap sehat, terasa halus dan lembut. 

Pertimbangkan juga untuk menggunakan Pure Baby Bye-Bye Tangles Hair Lotion yang diformulasikan khusus dengan bahan alami pilihan untuk merawat kesehatan rambut bayi. Diperkaya dengan Ekstrak Kolostrum, Kemiri dan Lidah Buaya sebagai sumber nutrisi untuk membantu pertumbuhan rambut dan membuat rambut terlihat lebih tebal, hitam dan halus.

Pure Baby Bye-Bye Tangles Hair Lotion sudah teruji secara dermatologis tidak menyebabkan iritasi, mild fragrance, no added colorant, tidak menggunakan bahan yang menyebabkan alergi, dengan pH seimbang untuk kulit bayi yang teramat halus, no added paraben dan diformulasikan khusus untuk kulit bayi yang teramat halus.


Artikel lainnya: Tips Memilih Sampo Bayi yang Bagus untuk Menjaga Kelembutan Rambut

Friday, 29 March 2024

SUBSCRIBE TO PURE BABY NEWSLETTER SUBSCRIBE