BABY CARE

Tips Memilih Sampo Bayi yang Bagus untuk Menjaga Kelembutan Rambut

Tak boleh sembarangan, memilih sampo bayi yang bagus haruslah dilakukan dengan cara yang teliti. Hal ini mengingat kondisi rambut bayi terutama yang baru lahir masih sangat lembut dan kulit kepalanya masih cukup sensitif. Agar kelembutan dan kesehatan rambut dan kulit kepala Si Buah Hati tetap terjaga, simak tips memilih sampo bayi yang bagus berikut ini.

1. Diformulasikan khusus untuk bayi

Hindari untuk menggunakan shampoo orang dewasa pada Buah Hati karena akan merusak rambutnya. Bahkan Jika anak berusia di bawah 3 tahun, Moms perlu berhati-hati saat menggunakan shampoo untuk anak (kids). Sebaiknya pilih shampoo yang memang spesifik ditujukan untuk bayi.

2. Kandungan bahan alami

Pastikan produk tersebut memiliki kandungan yang terbuat dari bahan-bahan alami. Sebab kondisi kulit bayi umumnya masih sangat sensitif terhadap bahan-bahan kimia yang terlalu banyak. Pilihlah bahan yang memang memberikan manfaat besar untuk kulit seperti:

  • Colostrum extract

Kolostrum sapi mengandung protein tinggi dan juga komponen-komponen penunjang pertumbuhan seperti vitamin (A, B6, B12, C, E, D dan K) dan mineral. Kandungan yang ada di dalam kolostrum bermanfaat untuk memperbaiki dan menyembuhkan luka pada kulit, meredakan gejala alergi, dan sumber antioksidan yang baik bagi kulit bayi. Khusus untuk perawatan rambut Buah Hati, colostrum extract dapat membantu membersihkan rambut dan kulit kepala, termasuk mempercepat hilangnya cradle cap pada kulit kepala bayi yang baru lahir.

  • Almond oil

Bahan alami lainnya yang baik untuk kulit bayi adalah almond oil. kandungan vitamin E di dalamnya cocok untuk menutrisi serta melindungi kulit kepala dari kekeringan, merawat rambut tetap sehat, terasa halus dan lembut.

  • Candle nut atau kemiri

Manfaat kemiri antara lain memperkuat, melebatkan, dan menutrisi rambut. selain itu, kemiri juga dapat menghitamkan rambut karena mengandung protein dan miristat yang juga bermanfaat untuk menyehatkan dan menyuburkan rambut, terutama rambut bayi.

  • Aloe vera

Kandungan vitamin C  yang di dalam aloe vera dipercaya dapat merangsang pertumbuhan rambut bayi. Selain itu, aloe vera juga membantu produksi keratin yang baik untuk rambut, menyeimbangkan pH kulit kepala sehingga rambut lebih kuat, dan menenangkan rasa gatal akibat kulit kepala yang kering.

3. Sudah teruji dermatologis

Suatu produk disebut dermatologically tested bila telah diujicoba oleh seorang dermatologis (dokter kulit) dan terbukti tidak menyebabkan dampak buruk (misalnya iritasi) pada kulit. Jadi pilihlah produk yang memiliki klaim dermatologically tested untuk meminimalisir kemungkinan iritasi kulit pada bayi meskipun hanya iritasi ringan.

4. SLS free

SLS (Sodium Lauryl Sulfate) adalah pembersih (detergen) yang sering terdapat pada shampo atau sabun. Sebenarnya SLS dapat membuat proses pembersihan lebih efektif. Akan tetapi, efek sampingnya dapat membuat kulit kering karena menghilangkan kelembapan alami kulit. Oleh karena itu untuk kulit bayi yang masih sensitif, sangat penting untuk memilih produk yang bebas SLS agar tidak membuat kulit kering dan mengiritasi kulit.

5. Tidak pedih di mata

Untuk produk shampoo, hindari menggunakan produk yang menyebabkan mata pedih sebab pasti akan membuat bayi merasa sangat tidak nyaman. Oleh karena itu pilih shampoo yang memiliki formula lembut dan tidak pedih di mata bayi.

Jika melihat beberapa kriteria di atas, maka shampo bayi yang bagus dan cocok untuk Buah Hati Pure Baby Hair-Gro Shampoo. Diperkaya dengan Colostrum Extract dan Almond Oil,  Pure Baby Hair-Gro Shampoo cocok untuk menutrisi dan melindungi kulit kepala dari kekeringan, menjaga rambut tetap sehat, terasa halus dan lembut. Tak perlu khawatir, Pure Baby Hair-Gro Shampoo sudah dermatologically tested, non-allergy formula, pH balanced, no added SLS, no added paraben, mild on eyes dan diformulasikan khusus untuk kulit bayi yang teramat halus. Yuk, sediakan selalu Pure Baby Hair-Gro Shampoo dan rangkaian produk dari Pure Baby lainnya dengan cara membelinya di Watson atau Tempo Store di e-commerce kesayangan Moms!

Baca Juga: Moms, Yuk Kenali Apa Itu Sampo Bebas SLS dan Paraben, Serta Manfaatnya Bagi Rambut Bayi

Wednesday, 22 February 2023

SUBSCRIBE TO PURE BABY NEWSLETTER SUBSCRIBE