BABY CARE

Kulit Bayi 3 kali Lebih Cepat Kering, Jangan Salah Pilih Sabun Mandi Bayi!

Kulit bayi itu memiliki tingkat kehilangan air tiga kali lebih tinggi dibanding kulit dewasa, menjadikannya tiga kali lebih cepat kering, yang berarti ia rentan terhadap iritasi kulit.

Dalam kebanyakan kasus, kulit kering bayi bersifat ringan. Meskipun kondisi ini normal, namun kulit kering bisa membuat Buah Hati tidak nyaman. Kulit bayi yang kering di area tertentu juga bisa menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi Mom. Nah, ada tips sederhana yang bisa Mom lakukan saat memandikan bayi untuk melindungi dan menjaga kelembapan kulitnya:

1. Perhatikan air mandi bayi

Isi bak mandi dengan air suam-suam kuku, bukan air hangat yang cenderung panas. Mandi dengan air terlalu panas bisa memperparah kulit bayi yang sudah kering sehingga menimbulkan gatal dan iritasi.

2. Persingkat waktu mandi

Idealnya waktu mandi bayi sekitar 15-20 menit. Selain bisa membuat bayi kedinginan, mandi terlalu lama dapat menghilangkan kelembapan kulit.

3. Keringkan tubuh bayi dengan tepat

Saat mengeringkan tubuh Buah Hati dengan handuk, usaplah dengan cara menepuk-nepuk lembut kulit bayi, jangan menggosoknya. Cara menepuk lembut bisa membantu kulit mempertahankan kelembapan.

4. Jangan memandikan terlalu sering

Bayi tidak perlu dimandikan setiap hari. Memandikan bayi 2-3 kali seminggu sudah cukup untuk menjaga kebersihan tanpa mengeringkan kulitnya. Pada hari-hari lain, bersihkan area popok dan lipatan kulit dengan kain basah.

5. Jangan salah pilih sabun mandi bayi

Tidak semua produk sabun cocok untuk bayi dan newborn. Mom harus memilih produk sabun dengan formula newborn friendly, seperti Pure Baby Happy Time Head to Toe Wash yang aman digunakan untuk bayi dan newborn.  

Pure Baby Happy Time Head to Toe Wash diperkaya dengan Ekstrak Kolostrum dari sapi dan Minyak Almond sebagai sumber nutrisi untuk melindungi kulit bayi dari kekeringan, merawat rambut tetap halus, dan mudah diatur.

Selain dilengkapi kandungan bahan alami yang baik untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kulit bayi, berikut ini beberapa alasan lain yang membuat Pure Baby Happy Time Head to Toe Wash menjadi salah satu produk perawatan kulit dan rambut yang wajib ada di rumah.

- Sudah teruji secara dermatologis (dermatologically tested).

- Tidak mengandung bahan yang menyebabkan alergi (non-allergy formula).

- Mengandung bahan alami dengan pH seimbang untuk menjaga kulit bayi yang masih sangat halus (pH balanced).

- Tidak mengandung paraben yang dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi (no added paraben).

- Tidak mengandung SLS (no added sodium laureth sulfate).

- Diformulasikan khusus untuk kulit bayi yang teramat halus (for baby’s delicate skin).


Artikel lainnyaKriteria Pelembap yang Aman untuk Kulit Bayi


Cara menjaga kelembapan kulit bayi

Mencegah kulit bayi menjadi kering memerlukan perawatan khusus dan perhatian ekstra terhadap produk yang digunakan serta rutinitas perawatan harian. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil untuk menjaga kelembapan kulit bayi:

1. Setelah mandi, segera keringkan kulit bayi dengan lembut menggunakan handuk lembut. Oleskan pelembap khusus bayi yang bebas pewangi dan dermatologically tested saat kulit masih sedikit lembab untuk mengunci kelembapan.

2. Gunakan pelembap berbasis krim atau salep yang lebih efektif dalam menjaga kelembapan dibandingkan lotion yang lebih encer. Produk yang mengandung bahan seperti ceramide, lanolin, atau petrolatum sangat baik untuk kulit bayi.

3. Hindari paparan udara kering. Gunakan humidifier di kamar bayi untuk menjaga kelembapan udara, terutama selama musim dingin atau di daerah dengan udara kering.

4. Kenakan pakaian dari bahan katun yang lembut dan tidak menyebabkan iritasi. Hindari pakaian dari bahan sintetis yang dapat mengiritasi kulit bayi. Pastikan juga pakaian dicuci dengan deterjen yang lembut dan bebas pewangi.

5. Ganti popok secara teratur dan bersihkan area popok dengan air hangat dan kain lembut atau tisu basah yang bebas alkohol dan pewangi. Oleskan krim pelindung popok untuk mencegah iritasi.

6. Jauhi produk perawatan bayi yang mengandung pewangi, alkohol, dan bahan kimia keras lainnya yang dapat mengiritasi kulit bayi.

7. Saat keluar rumah, lindungi kulit bayi dari sinar matahari langsung, angin kencang, dan udara dingin. Gunakan pakaian yang sesuai untuk cuaca dan aplikasikan tabir surya khusus bayi jika perlu.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat membantu menjaga kulit bayi tetap lembut, sehat, dan terhindar dari kekeringan. Jika Anda melihat tanda-tanda iritasi atau kekeringan yang parah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter anak untuk mendapatkan saran dan perawatan yang tepat.


Artikel lainnya: Si Buah Hati Rewel? Berikan Perawatan Kulit Bayi berikut

Thursday, 30 May 2024

SUBSCRIBE TO PURE BABY NEWSLETTER SUBSCRIBE