BABY CARE

Bolehkah Bayi Mandi Setiap Hari? Simak Faktanya Berikut Ini!

Sebagai orangtua, tentu kita ingin memberikan yang terbaik bagi buah hati, termasuk dalam hal menjaga kebersihan dan kesehatan kulit mereka yang masih sangat sensitif. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan memandikan bayi secara rutin. Namun, muncul pertanyaan penting: bolehkah bayi mandi setiap hari?

Kondisi kulit bayi baru lahir

Kulit bayi baru lahir memiliki lapisan epidermis yang lebih tipis dibandingkan dengan orang dewasa. Lapisan ini belum sepenuhnya berkembang sehingga kurang efektif dalam melindungi terhadap iritasi dan infeksi. Oleh karena itu, penting bagi orangtua untuk memberikan perawatan kulit yang lembut dan hati-hati pada bayi baru lahir, menggunakan produk-produk yang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif dan menjaga kebersihan serta kelembapan kulit bayi.

Kebutuhan Kebersihan Bayi Baru Lahir

Memandikan bayi setiap hari adalah topik yang sering menimbulkan pertanyaan di orangtua baru. Berikut adalah beberapa fakta yang dapat membantu memahami apakah bayi perlu dimandikan setiap hari atau tidak:

- Bayi baru lahir umumnya tidak perlu dimandikan setiap hari. Cukup memandikan bayi sekitar 2-3 kali seminggu sudah cukup untuk menjaga kebersihan mereka.

- Kulit bayi sangat sensitif dan mudah kering. Memandikan bayi terlalu sering dapat menghilangkan minyak alami kulitnya, yang dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi.

- Penggunaan sabun dan produk perawatan yang lembut khusus bayi sangat disarankan untuk menghindari iritasi kulit.


Artikel lainnya: Lebih Berhati-hati, Kenali Ciri-ciri Bayi Alergi Sabun Mandi Berikut Ini


Waktu Mandi Sebagai Rutinitas

Banyak orangtua menggunakan waktu mandi sebagai bagian dari rutinitas sebelum tidur. Ini dapat membantu bayi merasa rileks dan tidur lebih nyenyak. Jika bayi menikmati waktu mandi, tidak masalah untuk memandikannya setiap hari asalkan Moms menggunakan produk, seperti Pure Baby Happy Time Head to Toe Wash.

Pure Baby Happy Time Head to Toe Wash diperkaya dengan Ekstrak Kolostrum dari sapi dan Minyak Almond sebagai sumber nutrisi untuk melindungi kulit bayi dari kekeringan, merawat rambut tetap halus, dan mudah diatur.

Selain dilengkapi kandungan bahan alami yang baik untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kulit bayi, berikut ini beberapa alasan lain yang membuat Pure Baby Happy Time Head to Toe Wash menjadi salah satu produk perawatan kulit dan rambut yang wajib ada di rumah.

Sudah teruji secara dermatologis (dermatologically tested).

Tidak mengandung bahan yang menyebabkan alergi (non-allergy formula).

Mengandung bahan alami dengan pH seimbang untuk menjaga kulit bayi yang masih sangat halus (pH balanced).

Tidak mengandung paraben yang dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi (no added paraben).

Tidak mengandung SLS (no added sodium laureth sulfate).

Diformulasikan khusus untuk kulit bayi yang teramat halus (for baby’s delicate skin).

Namun jika bayi memiliki kondisi kulit tertentu seperti eksim, konsultasikan dengan dokter anak mengenai frekuensi mandi yang tepat dan produk yang harus digunakan. Dalam cuaca panas atau setelah bayi berkeringat banyak, mandi tambahan mungkin diperlukan untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan bayi.

Lingkungan tempat tinggal juga mempengaruhi frekuensi mandi bayi. Di tempat yang panas dan lembap, mungkin diperlukan mandi lebih sering dibandingkan di tempat yang dingin. Secara umum, tidak ada aturan baku mengenai seberapa sering bayi harus dimandikan. Orangtua perlu memperhatikan kondisi kulit bayi, kenyamanan, dan kebutuhan kebersihan harian. Jika ragu, selalu konsultasikan dengan dokter anak untuk mendapatkan saran yang paling sesuai bagi bayi Anda.


Artikel lainnyaPerhatikan Kandungan Ini Saat Moms Memilih Sabun Mandi Bayi

Wednesday, 15 May 2024

SUBSCRIBE TO PURE BABY NEWSLETTER SUBSCRIBE