BABY CARE

Perhatikan Kandungan Ini Saat Moms Memilih Sabun Mandi Bayi

Bagi para new moms, memilih sabun mandi bayi bisa menjadi salah satu hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Pasalnya, kulit bayi masih sangat sensitif dan rentan iritasi, sehingga butuh ketelitian untuk menjaga kesehatan dan kelembutan kulitnya. Pastikan untuk memerhatikan beberapa kandungan dalam produk sabun mandi bayi berikut ini ya, Moms!

Kandungan yang harus dihindari dalam produk sabun mandi bayi

Untuk mencegah iritasi dan alergi pada kulit bayi, hindari produk sabun mandi bayi yang mengandung beberapa bahan berikut ini.

1. SLS (Sodium Lauryl Sulphate)

SLS merupakan kandungan detergent yang cukup lazim terdapat pada shampoo atau sabun. Fungsinya untuk membentuk busa dan menghilangkan noda atau kotoran. SLS dapat menghilangkan kelembapan alami kulit dan menyebabkan kulit menjadi kering serta iritasi. Bahkan, penggunaan SLS dalam jumlah berlebihan dan waktu yang lama dapat menyebabkan kanker karena bersifat karsinogen.

2. Paraben

Melansir dari United States of Food & Drugs Administration, paraben adalah jenis bahan kimia yang umumnya digunakan sebagai pengawet dalam produk kosmetik. Tujuannya adalah untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur berbahaya serta untuk melindungi produk dan konsumen. Jenis paraben yang paling sering digunakan adalah metilparaben, propilparaben, butilparaben, dan etilparaben. Penggunaan paraben dapat menyebabkan reaksi alergi atau memperburuk dermatitis, terutama pada anak-anak.

Kandungan yang aman dalam sabun mandi bayi

The American Academy of Paediatrics menjelaskan bahwa produk sabun mandi sebaiknya diformulasikan dengan pH seimbang, bebas alkohol, dan mengandung bahan alami untuk mencegah kulit kering dan memicu iritasi. Beberapa kandungan bahan alami yang aman dan biasa digunakan dalam produk perawatan kulit bayi antara lain:

1. Calendula

Bunga calendula dengan sifatnya yang menenangkan, regeneratif dan antibakteri tak hanya dapat membantu melembapkan, tetapi juga memiliki elemen anti-inflamasi untuk membantu mempercepat penyembuhan luka, seperti luka sayat, goresan, dan luka bakar.

2. Alpukat

Alpukat memiliki sifat antioksidan dan merupakan sumber asam lemak yang sangat baik untuk memperbaiki kulit, sehingga dapat membantu menjaga kelembapan kulit.

3. Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung antioksidan, asam lemak Omega-3 dan asam linoleate yang dapat membantu meredakan peradangan serta meningkatkan pelindung alami kulit.

4. Chamomile

Chamomile memiliki banyak khasiat kulit yang kuat seperti anti-inflamasi, anti-jamur, antibakteri, antiseptik, mengandung minyak esensial dan antioksidan, dan bersifat hipoalergenik, sehingga dapat membantu meredakan gatal eksim serta membantu mengurangi peradangan kulit.

5. Minyak almond

Minyak almond dikenal sebagai pelembap dan emollient yang baik untuk tubuh yang bekerja menjaga kelembapan kulit bayi sekligus melindunginya dari iritasi.

6. Colostrum extract

Colostrum extract dapat membantu melawan infeksi dan bakteri, sehingga dapat membantu kulit tetap sehat, halus, lembut, dan lembap. Tak hanya itu saja, colostrum extract juga bermanfaat untuk :

  • Menutrisi kulit karena mengandung protein tinggi dan juga kaya akan vitamin (A, B6, B12, C, E, D dan K) dan mineral.
  • Mengatasi alergi. 
  • Melindungi kulit dari radikal bebas berkat kandungan antioksidan dan precursor glutathione yang dapat membersihkan semua polutan pada kulit bayi serta mengembalikan kondisi kulit yang rusak.
  • Colostrum extract memiliki sifat regenerasi yang merangsang produksi kolagen, meningkatkan ketebalan, dan elastisitas kulit sehingga kulit bayi yang mendapatkan kolostrum akan memiliki kondisi kulit yang lebih baik.

Pure Baby Happy Time Head to Toe Wash hadir sebagai solusinya perawatan sabun mandi bayi yang aman. Diformulasikan khusus dengan bahan alami pilihan, Pure Baby Happy Time Head to Toe Wash diperkaya colostrum extract dan almond oil sumber nutrisi untuk melindungi kulit bayi dari kekeringan sekaligus merawat rambut tetap halus dan mudah diatur.

Friday, 30 June 2023

SUBSCRIBE TO PURE BABY NEWSLETTER SUBSCRIBE