BABY CARE

Moms, Yuk Kenali Apa Itu Sampo Bebas SLS dan Paraben, Serta Manfaatnya Bagi Rambut Bayi

Moms, pasti sudah sering dengar istiilah SLS dan paraben, bukan? Yup, banyak sabun mandi dan sampo yang mengandung SLS (Sodium Lauryl Sulfate) serta berbagai produk perawatan kulit yang dilengkapi dengan bahan paraben di dalamnya beredar di pasaran. Hal ini membuat banyak orang merasa kedua zat tersebut ‘wajar’ menjadi salah satu kandungan dalam sabun.

Namun tahukah Moms apa sebenarnya SLS dan apa akibatnya jika sabun mandi dan sampo bayi mengandung SLS serta paraben? Simak penjelasan berikut ya, Moms!

Kandungan SLS dalam produk sabun dan shampo

SLS adalah kandungan detergen yang cukup lazim terdapat pada shampoo atau sabun. Kandungan ini memiliki fungsi untuk membentuk busa pada sabun dan menghilangkan noda atau kotoran. Sebenarnya SLS cukup  efektif untuk membersihkan kulit, namun sayangnya mempunyai efek samping menghilangkan kelembapan alami kulit sehingga akhirnya kulit menjadi kering dan iritasi. Tidak hanya itu, jika digunakan berlebihan dalam jangka panjang, SLS dapat menyebabkan kanker karena bersifat karsinogen.

Tentunya, jika penggunaan jangka panjang pada orang dewasa saja dapat memberi dampak buruk, lantas bagaimana jika sabun mandi dan sampo yang mengandung SLS digunakan pada bayi? Buah Hati bisa saja mengalami kulit kering, iritasi, dan ruam popok sehingga penting bagi Moms untuk memilihkan sabun mandi dan sampo bayi yang bebas kandungan SLS.

Kandungan paraben dalam produk perawatan kulit

Jika SLS berperan dalam menciptakan busa dan menghilangkan noda, maka lain halnya dengan paraben yang terdapat dalam sabun, shampo, dan produk perawatan kulit lainnya. Melansir dari United States of Food & Drugs Administration, paraben adalah jenis bahan kimia yang umumnya digunakan sebagai pengawet dalam produk kosmetik. Tujuannya adalah untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur berbahaya serta untuk melindungi produk dan konsumen.

Jenis paraben yang paling sering digunakan adalah metilparaben, propilparaben, butilparaben, dan etilparaben. Produk-produk yang mungkin mengandung paraben antara lain riasan wajah, pelembap, produk perawatan rambut, dan produk cukur.

Mengapa SLS dan paraben membahayakan?

Penggunaan SLS dan paraben pada produk perawatan bayi sangatlah tidak disarankan. Sebab sulfat dapat membuat kulit dan rambut terasa sangat kering akibat hilangnya minyak alami pada kulit. Selain itu, SLS juga dapat menyebabkan iritasi pada mata, kulit, atau kulit kepala. Penggunaan jangka panjang juga dapat menyebabkan masalah pada paru-paru.

Paraben, di sisi lain, dapat menyebabkan reaksi alergi atau memperburuk dermatitis, terutama pada anak-anak. Mereka dapat menyebabkan gangguan hormon dalam tubuh sebagai pengganggu endokrin. Akibatnya, paraben bahkan dapat menyebabkan kanker payudara. Faktanya, konsentrasi paraben telah ditemukan pada tumor payudara, terutama yang ganas.

Lantas, bagaimana cara memilih sabun bebas SLS dan paraben untuk Si Buah Hati?

Tak perlu khawatir dan bingung, karena Moms bisa memilih Pure Baby Hair-Gro Shampoo yang no added SLS dan no added paraben, diformulasikan khusus dengan bahan alami pilihan untuk membersihkan rambut dan kulit kepala dengan lembut.

Diperkaya dengan Colostrum Extract dan Almond Oil,  Pure Baby Hair-Gro Shampoo cocok untuk menutrisi dan melindungi kulit kepala dari kekeringan, menjaga rambut tetap sehat, terasa halus dan lembut. Tak perlu khawatir, Pure Baby Hair-Gro Shampoo  sudah teruji dermatologis untuk kulit Buah Hati yang teramat halus, non allergy formula, mild on eyes, pH balanced dan Halal.

yuk dapatkan segera produknya di Watson terdekat ataupun secara online melalui Tempo Store, Moms!

Baca Juga: Bolehkah Keramas Setiap Hari Agar Rambut Bayi Hitam dan Lebat?

Tuesday, 14 February 2023

SUBSCRIBE TO PURE BABY NEWSLETTER SUBSCRIBE