BABY CARE

Selain Sabun Mandi Bayi, Ini Dia Produk Perawatan Bayi yang Wajib Ada di Rumah

Sama halnya orang dewasa, bayi juga membutuhkan produk perawatan tubuh yang bisa digunakan setiap harinya. Produk perawatan bayi menjadi hal yang wajib ada di rumah untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan bayi. Mengingat bahwa kulit bayi masih sangat lembut dan sensitif, maka pemilihan produk perawatan bayi juga harus dilakukan dengan hati-hati. Misalnya saat memilih sabun mandi khusus bayi, maka sebaiknya pilih produk yang dirancang khusus untuk kulit bayi yang sensitif, bebas SLS dan paraben, mengandung bahan alami, serta tidak memicu timbulnya alergi.

 

Tips memilih produk perawatan bayi

Memilih produk perawatan bayi yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan bayi. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Moms memilih produk perawatan bayi yang baik:

  1. Memilih produk perawatan yang diformulasikan khusus untuk bayi dengan kandungan bahan-bahan yang lembut serta aman untuk kulit mereka. Hal ini karena kulit bayi sangat sensitif, lembut, dan sangat rentan mengalami iritasi.
  2. Memerhatikan label "beberapa alergen" atau "rendah alergen". Produk dengan label "beberapa alergen" atau "rendah alergen" cenderung lebih cocok untuk kulit bayi yang sensitif.
  3. Periksa bahan-bahan yang tercantum pada label produk. Hindari produk yang mengandung bahan-bahan yang Moms curigai dapat menjadi pemicu iritasi.
  4. Pastikan produk dalam kemasan yang bersih dan tersegel dengan baik. Jangan membeli produk yang terlihat telah dibuka atau rusak.
  5. Beberapa produk perawatan bayi akan sering terkena cairan atau kotoran. Pilih produk yang mudah dibersihkan untuk menjaga kebersihan bayi.
  6. Beberapa produk perawatan bayi, seperti sampo dan sabun, mungkin dirancang untuk berbagai tahap perkembangan bayi. Pastikan Anda menggunakan produk yang sesuai dengan usia bayi.
  7. Memilih produk perawatan bayi dengan kandungan bahan alami sehingga dapat meminimalisir risiko alergi.
  8. Pastikan Moms tahu cara menggunakan produk dengan benar. Baca petunjuk penggunaan dan perhatikan dosis atau aturan penggunaan yang dianjurkan.
  9. Jika Moms memiliki kekhawatiran tentang produk tertentu atau masalah kulit bayi, konsultasikan dengan dokter anak atau ahli gizi untuk mendapatkan informasi dan saran yang sesuai.
  10. Lakukan uji sensitivitas pada area kecil kulit bayi terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada reaksi alergi yang timbul.

 

Mengingat bahwa kondisi setiap bayi akan sangat berbeda satu sama lain, jadi Moms mungkin perlu melakukan eksperimen untuk menemukan produk perawatan yang paling cocok untuk kulit dan kebutuhan khusus bayi Anda. Jika ada tanda-tanda iritasi atau reaksi alergi, segera hentikan penggunaan produk tersebut dan konsultasikan dengan profesional kesehatan.

 

Daftar produk perawatan bayi yang wajib ada di rumah

Selain sabun mandi bayi, berikut adalah daftar produk perawatan bayi yang sebaiknya ada di rumah:

  1. Popok, baik popok sekali pakai atau kain pastikan selalu memiliki cukup popok di rumah. Untuk menghindari ruam pada kulit bayi akibat penggunaan popok, sebaiknya ganti popok secara rutin, yaitu empat jam sekali terutama setelah bayi buang air besar.
  2. Lotion untuk mencegah dan meredakan ruam popok. Pilih krim yang mengandung bahan alami dan lembut untuk kulit bayi.
  3. Baby oil yang dapat digunakan untuk memijat bayi dan menjaga kulitnya tetap lembut. Pastikan produk yang Moms pilih bebas dari bahan yang dapat menyebabkan reaksi alergi.
  4. Hair lotion untuk menjaga kesehatan dan kelembutan serta merangsang pertumbuhan rambut yang lebat dan kuat pada bayi.
  5. Cologne khusus bayi untuk membuat Si Buah Hati tetap wangi sepanjang hari. Sebagai rekomendasinya, Moms bisa menggunakan Pure Baby morning tickles cologne. Cologne khusus bayi ini diformulasikan dengan air murni tanpa tambahan alkohol, sehingga aman digunakan pada kulit bayi. Tak hanya itu saja, Pure Baby morning tickles cologne juga diperkaya dengan kandungan bahan alami seperti:
  • Ekstrak chamomile yang dapat membantu melindungi kulit bayi dari iritasi.
  • Vitamin E untuk menjaga kelembutan kulit bayi sehingga tetap halus.
  • Aroma kesegaran bunga yang tahan lama dan lembut dalam Pure Baby morning tickles cologne membuat bayi seolah mendapatkan kelembutan sentuhan ibu sekaligus membuatnya selalu wangi sepanjang hari. Selain mengoleskannya langsung pada kulit bayi, Moms juga bisa menggunakannya pada pakaian bayi.
  1. Handuk bayi dengan serat yang lembut membantu mengeringkan bayi setelah mandi. Pastikan Moms memiliki beberapa handuk bayi yang selalu bersih di rumah, ya.
  2. Sikat rambut dan gigi bayi untuk merawat rambut dan gusi bayi.
  3. Termometer bayi membantu Anda mengukur suhu tubuh bayi dengan tepat jika Anda mencurigai demam atau kondisi kesehatan lainnya.
  4. Gunting kuku bayi yang aman membantu menjaga agar kuku bayi tetap pendek dan tidak melukai kulitnya.
  5. Tisu basah khusus bayi untuk membersihkan tangan bayi dengan lembut.

 

Pastikan produk-produk ini selalu tersedia dan dalam kondisi yang baik untuk memastikan kenyamanan dan keamanan bayi Anda. Selalu baca petunjuk penggunaan dan pastikan produk-produk tersebut sesuai dengan standar keamanan.

 

Artikel Lainnya: Agar Keluhan Cepat Mereda, Kenali Penyebab Ruam Pada Bayi Berikut Ini

Monday, 04 September 2023

SUBSCRIBE TO PURE BABY NEWSLETTER SUBSCRIBE