BABY CARE

Kulit Bayi Merah Setelah Mandi? Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya di Sini!

Kulit Buah Hati yang memerah setelah mandi adalah masalah yang sering dihadapi oleh Mom. Meskipun umumnya bukan masalah serius, kemerahan pada kulit Buah Hati dapat menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang perlu diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa penyebab umum kulit Buah Hati merah setelah mandi dan cara mengatasinya.


1. Air yang Terlalu Panas 

Air yang terlalu panas dapat menyebabkan iritasi dan kemerahan pada kulit yang sensitif. Suhu air yang ideal untuk mandi bayi adalah hangat, bukan panas.


2. Sabun atau Produk Mandi yang Tidak Cocok 

Penggunaan sabun atau produk mandi yang mengandung bahan kimia keras atau pewangi buatan dapat menyebabkan reaksi alergi atau iritasi pada kulit Buah Hati.


3. Kulit Kering 

Kulit Buah Hati yang kering lebih rentan terhadap iritasi dan kemerahan. Mandi terlalu sering atau terlalu lama dapat menghilangkan minyak alami yang melindungi kulit.


4. Gesekan atau Penggunaan Handuk yang Kasar 

Menggosok kulit Buah Hati dengan handuk yang kasar atau terlalu keras dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi. Kulit Buah Hati sangat sensitif terhadap gesekan.


5. Reaksi Alergi

Bayi dapat mengalami reaksi alergi terhadap bahan tertentu dalam produk mandi, seperti pewangi, pewarna, atau bahan kimia lainnya.


Artikel lainnyaMasalah Kulit Bayi Sensitif yang Sering dialami Newborn


Cara Mengatasi Kulit Bayi Merah Setelah Mandi

Setelah mengetahui penyebabnya, berikut ini beberapa langkah pencegahan dan penanganan yang tepat untuk menjaga kulit Buah Hati tetap sehat dan nyaman, terutama setelah mandi.


1. Periksa Suhu Air 

Pastikan air untuk mandi cukup hangat, tetapi tidak panas. Gunakan termometer untuk memastikan suhu air sekitar 37-38 derajat Celsius.


2. Pilih Sabun yang Tepat 

Gunakan sabun yang diformulasikan khusus untuk Buah Hati, yang dermatologically tested, non-allergy formula, no added paraben, pH balanced. Sebagai rekomendasinya, Moms bisa menggunakan Pure Baby Creamy Bubbles Milk Bath

Pure Baby Creamy Bubbles Milk Bath merupakan sabun mandi yang diperkaya dengan ekstrak kolostrum dari sapi dan minyak almond sebagai sumber nutrisi untuk melindungi kulit dari kekeringan, sehingga kulit bayi tetap halus dan sehat. 

Hal ini karena Pure Baby Creamy Bubbles Milk Bath sudah Dermatologically Tested dan mengandung non-allergy formula, tidak mengandung paraben, pH seimbang, melembapkan lebih ekstra, dan diformulasikan khusus untuk kulit bayi yang teramat halus. 


3. Jangan Mandi Terlalu Lama 

Batasi waktu mandi bayi sekitar 5-10 menit untuk mencegah kulit kering. Mandi terlalu lama dapat menghilangkan minyak alami kulit.


4. Mengeringkan dengan Lembut 

Setelah mandi, keringkan kulit bayi dengan handuk yang lembut dan hanya dengan menepuk-nepuk, bukan menggosok. Pilih handuk berbahan katun yang lembut.


5. Gunakan Pelembap 

Oleskan pelembap yang lembut dan bebas pewangi setelah mandi untuk menjaga kelembapan kulit bayi. Pilih produk yang mengandung ceramide.


Artikel lainnya: Ini Manfaat Colostrum Extract dalam Sabun Mandi untuk Perawatan Kulit Bayi


Kapan Harus Mengkonsultasikan ke Dokter?

Jika kemerahan pada kulit bayi tidak kunjung hilang, semakin parah, atau disertai dengan gejala lain seperti demam, ruam yang menyebar, atau bayi tampak tidak nyaman, segera konsultasikan dengan dokter anak. Dokter dapat memberikan penanganan yang tepat dan memastikan tidak ada kondisi kulit yang serius.


Wednesday, 03 July 2024

SUBSCRIBE TO PURE BABY NEWSLETTER SUBSCRIBE