BABY CARE

4 Hal Yang Tidak Boleh Dilupakan Saat Memandikan Bayi Baru Lahir

Memandikan bayi baru lahir awalnya mungkin akan membuat Moms sedikit gugup karena khawatir cara memandikan yang dilakukan bisa menyakiti bayi yang masih begitu mungil. Sedikit tegang memang wajar, namun berikut ini beberapa hal yang tidak boleh dilupakan saat mamandikan bayi baru lahir.


1. Persiapan dan Keamanan

Sebelum mulai memandikan bayi, pastikan Anda sudah menyiapkan semua yang diperlukan dan memastikan keamanan lingkungan mandi. Beberapa langkah penting dalam persiapan ini meliputi:

- Suhu Air. Pastikan suhu air yang digunakan untuk memandikan bayi adalah sekitar 37-38 derajat Celsius. Anda dapat menggunakan termometer air atau merasakan suhu air dengan siku Anda untuk memastikan tidak terlalu panas atau terlalu dingin.

- Perlengkapan Mandi. Siapkan semua perlengkapan mandi seperti sabun bayi, handuk lembut, kapas, popok bersih, dan pakaian ganti sebelum memulai. Pastikan semuanya berada dalam jangkauan tangan Anda agar Anda tidak perlu meninggalkan bayi tanpa pengawasan.

- Permukaan yang Aman. Gunakan bak mandi bayi yang stabil atau alas anti-selip di dalam bak mandi dewasa. Pastikan permukaan tempat Anda meletakkan bayi aman dan tidak licin.


2. Dukungan dan Posisi Bayi

Saat memandikan bayi, penting untuk memberikan dukungan yang baik dan memastikan posisi bayi aman dan nyaman. Beberapa hal yang perlu diperhatikan meliputi:

- Selalu pegang bayi dengan tangan yang kuat dan stabil. Gunakan satu tangan untuk menopang kepala dan leher bayi, dan tangan lainnya untuk menopang tubuhnya.

- Pastikan kepala bayi selalu berada di atas permukaan air untuk menghindari risiko tenggelam. Kepala bayi sebaiknya didukung dengan tangan atau lengan Anda sepanjang waktu.

- Bicaralah dengan lembut dan tenang kepada bayi selama mandi. Sentuhan lembut dan suara Anda dapat membantu menenangkan bayi dan membuatnya merasa lebih nyaman.


Artikel lainnyaMengenal Lebih Jauh Kandungan Colostrum Extract Pada Sabun Mandi Untuk Bayi Baru Lahir


3. Penggunaan Produk yang Tepat

Kulit bayi yang baru lahir sangat sensitif, sehingga penting untuk memilih produk perawatan yang tepat dan lembut. Beberapa panduan dalam memilih produk perawatan bayi meliputi:

- Gunakan sabun yang diformulasikan khusus untuk bayi, yang hypoallergenic dan bebas dari pewangi serta bahan kimia keras. Produk dengan pH seimbang juga lebih baik untuk kulit bayi. Sebagai rekomendasinya, Moms bisa menggunakan Pure Baby Creamy Bubbles Milk Bath

Pure Baby Creamy Bubbles Milk Bath merupakan sabun mandi bayi yang diperkaya dengan ekstrak kolostrum dari sapi dan minyak almond sebagai sumber nutrisi untuk melindungi kulit dari kekeringan, sehingga kulit bayi tetap halus dan sehat. 

Hal ini karena Pure Baby Creamy Bubbles Milk Bath sudah Dermatologically Tested dan mengandung non-allergy formula, tidak mengandung paraben dan SLS, pH seimbang, melembapkan lebih ekstra, dan diformulasikan khusus untuk kulit bayi yang teramat halus. 

- Gunakan kapas yang lembut dan bersih untuk membersihkan wajah dan area sensitif lainnya. Hindari menggunakan tisu basah yang mengandung alkohol atau bahan kimia lainnya.

- Jika diperlukan, gunakan minyak atau lotion bayi yang lembut dan alami untuk menjaga kelembapan kulit bayi. Pastikan produk tersebut aman digunakan untuk bayi baru lahir.


4. Mengeringkan dan Merawat Bayi Setelah Mandi

Setelah selesai memandikan bayi, langkah berikutnya adalah mengeringkan dan merawatnya dengan baik. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam tahap ini meliputi:

- Gunakan handuk lembut untuk mengeringkan bayi dengan cara menepuk-nepuk kulitnya, bukan menggosok. Pastikan semua lipatan kulit kering, terutama di area leher, ketiak, dan lipatan paha.

- Jika tali pusat bayi belum lepas, pastikan area tersebut tetap kering dan bersih. Hindari merendam tali pusat dalam air, dan bersihkan dengan kapas yang dibasahi air hangat jika diperlukan.

- Setelah bayi kering, kenakan pakaian yang bersih dan nyaman. Pilih pakaian yang lembut dan sesuai dengan suhu lingkungan untuk menjaga bayi tetap hangat dan nyaman.


Memandikan bayi baru lahir memerlukan perhatian khusus dan persiapan yang matang. Dengan memastikan persiapan dan keamanan, memberikan dukungan yang baik, menggunakan produk yang tepat, serta mengeringkan dan merawat bayi dengan hati-hati, Anda dapat membuat pengalaman mandi menjadi aman dan menyenangkan bagi bayi Anda. Ingatlah untuk selalu tenang dan penuh kasih sayang saat memandikan bayi, sehingga mereka merasa nyaman dan aman dalam setiap langkahnya ya, Moms!


Thursday, 04 July 2024

SUBSCRIBE TO PURE BABY NEWSLETTER SUBSCRIBE