DEVELOPMENT AND GROWTH

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Mengajak Bayi Berenang

Mengajak Buah Hati ke kolam renang tentunya pengalaman yang menyenangkan dan sangat dinantikan. Terutama bila ini adalah pengalaman pertamanya. Bukan hanya asyik, berenang juga bermanfaat untuk melatih otot di seluruh tubuh bayi, meningkatkan keterampilan motorik bayi, hingga menguatkan bonding bayi dengan Moms. Namun sebelum membawanya ke kolam, perhatikan 5 hal ini sebelum mengajak bayi berenang.

  1. Kolam yang tepat
    Sesuaikan usia bayi dengan kolam renangnya. Mulailah secara bertahap. Apabila Buah Hati masih berusia di bawah 6 bulan, sebaiknya gunakan kolam renang plastik atau bathtub saja. Dengan begitu suhu air lebih mudah dikontrol dan kebersihannya lebih terjamin. Sedangkan jika Moms ingin mengajak Buah Hati ke kolam renang umum, pastikan usianya sudah di atas 6 bulan dan pastikan suhu kolam di tempat tersebut tidak lebih dari 32 derajat Celcius.
  2. Pahami Teknik CPR
    Sudah tak asing bukan dengan CPR atau Cardiopulmonary Resuscitation? Singkat kata, CPR merupakan pemberian nafas buatan. Tak ada salahnya mempelajari teknik CPR sebelum mengajak bayi atau anak berenang untuk mengantisipasi risiko yang tidak diinginkan.
  3. Gunakan pelampung
    Kenakanlah pelampung pada bayi atau anak, meski Moms selalu berada didekatnya. Gunakan pelampung yang direkomendasikan oleh profesional. Untuk bayi kecil misalnya, gunakan pelampung yang dipakai pada leher. Jika usianya sudah besar bisa disesuaikan dengan kenyamanan si Buah Hati.
  4. Hindari menyelam
    Meski bayi memiliki refleks menahan napas di air, namun sebaiknya hindari mengajaknya menyelam. Air kolam mungkin saja tertelan atau masuk ke dalam hidungnya sehingga membuat bayi lebih rentan pada bakteri dan virus di dalam air kolam renang.
  5. Konsultasikan ke dokter
    Sebelum mengajak bayi berenang, cobalah tanyakan pada dokter demi keamanan dan kesehatan Si Buah Hati. Moms perlu tahu, air kolam renang umum biasanya mengandung klorin. Zat ini sebaiknya dihindari bila bayi memiliki kulit kering atau eksim. Sebab klorin dikhawatirkan bisa menimbulkan iritasi pada kulit bayi nantinya.

Itulah 5 hal yang perlu diperhatikan sebelum Moms mengajak bayi berenang. Sedangkan untuk menjaga kebersihannya tentunya tidak kalah penting. Mandikan dan bilas tubuh si Buah Hati hingga benar-benar bersih setelah selesai berenang. Gunakan Pure Baby Happy Time Head to Toe Wash untuk membersihkan dari rambut hingga kulit si Buah Hati menjadi lembut dengan Colostrum Extract serta Almond Oil sebagai sumber nutrisi kulit bayi, merawat rambutnya tetap halus dan sehat.  

Setelahnya, lembapkan kulit bayi dengan Pure Baby Hello Softie Skin Cream agar tetap halus, lembut juga sehat dengan formula kandungan Colostrum Extract dan Ceramide. Seluruh produk Pure Baby sudah teruji secara dermatologis tidak menyebabkan iritasi, tidak menggunakan bahan yang menyebabkan alergi, memiliki pH seimbang dan tidak mengandung paraben. Formulanya tidak pedih di mata dan cocok untuk kulit bayi yang teramat halus.

Sumber: halodoc

Tuesday, 29 March 2022

SUBSCRIBE TO PURE BABY NEWSLETTER SUBSCRIBE