DEVELOPMENT AND GROWTH

Buah Hati Mulai Makan Makanan Padat? Simak Baby Led Weaning Menu untuk usia 6 Bulan di Sini

Istilah baby led weaning (BLW) tentu bukanlah hal yang asing lagi saat ini. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), metode BLW membebaskan bayi memilih, mengambil, dan menyuapkan makanan dengan tangannya sendiri saat mereka mulai mengonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI) yang pada umumnya terjadi saat seorang bayi berusia enam bulan.

Konon metode ini dapat membuat Buah Hati lebih menikmati makanannya, bahkan mereka akan belajar bagaimana memasukkan makanan ke dalam mulut, mengunyah, dan menelannya. Tak hanya itu saja, Buah Hati juga dapat belajar berbagai bentuk, tekstur, dan rasa makanan sejak dini.

 

Amankah bayi melakukan BLW?

Metode BLW aman untuk diterapkan pada anak usia enam bulan. Meski potensi tersedak tetap ada, namun hal ini sangat normal. Melansir dari Hellosehat.com, hal ini terjadi karena ketika anak sedang makan sendiri, mereka benar-benar menggunakan ototnya untuk melindungi jalan napasnya. Meski begitu, ada pula kategori anak yang tidak diperbolehkan untuk melakukan metode BLW, diantaranya adalah sebagai berikut.

 

  1. Bayi yang terlahir prematur pada usia kehamilan 36 minggu atau kurang.
  2. Bayi dengan berat badan rendah.
  3. Bayi yang mengalami keterlambatan perkembangan.
  4. Bayi berkebutuhan khusus yang tidak bisa mengunyah serta mengalami kesulitan untuk mengambil makanan dan memindahkannya ke mulut.
  5. Bayi yang memiliki riwayat alergi, masalah pencernaan, atau intoleransi makanan.
  6. Bayi yang memiliki hypotonia atau kelemahan otot. Hal ini terlihat jika bayi terus membuka mulutnya, menjulurkan lidahnya, dan terus mengeluarkan air liurnya (produksi air liur berlebihan tanpa bisa dikendalikan).
  7. Bayi mengalami bibir sumbing.

 

Cara menerapkan BLW

Agar metode BLW dapat berjalan lancar, berikut ini cara mempraktikkan BLW dengan aman menurut IDAI.

  1. Hindari memberikan makanan yang dapat membuat bayi tersedak seperti kacang, anggur utuh, apel dengan kulit, popcorn, dan lainnya. Melainkan berikan makanan bertekstur lembut dan lunak sehingga mudah hancur saat dimakan bayi dan mudah digenggam.
  2. Hindari makanan cepat saji atau makanan tinggi gula dan garam.
  3. Selalu dampingi bayi ketika Ia sedang makan atau saat berada di dekat makanan.
  4. Makan dalam keadaan duduk dan menegakkan dada.
  5. Berikan makanan dalam bentuk yang mampu digenggam bayi sebagai baby led weaning menu 6 bulan sebagai menu makanan utama maupun camilannya.
  6. Berikan makanan bertekstur lembut dan lunak sehingga mudah hancur saat dimakan bayi.
  7. Memperkenalkan bayi dengan aneka ragam makanan.
  8. Ajak bayi makan bersama anggota keluarga lainnya.

 

Lantas, apa saja menu baby led weaning yang bisa Moms berikan?

Tak perlu bingung, berikut ini beberapa menu baby led weaning yang bisa Moms siapkan di rumah untuk Buah Hati.

 

1. Sayuran kukus

Selain memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan lezat, sayuran kukus seperti potongan wortel, brokoli, atau labu siam juga mudah digenggam. Moms bisa merebus sayuran hingga empuk, tetapi tidak terlalu lembek. Sebagai permulaan, berikan dua potongan kecil sayuran kukus. Terus awasi apakah ada alergi yang muncul selama mengonsumsinya ya, Moms.

 

2. Alpukat

Buah alpukat dikenal sebagai buah dengan kandungan berbagai lemak baik yang berperan penting dalam mengoptimalkan kinerja otak. Selain itu, alpukat juga memiliki tekstur yang lembut dan mudah digenggam, sehingga bisa menjadi menu MPASI yang tepat, bahkan untuk anak yang belum memiliki gigi. Moms bisa memberikan buah alpukat yang sudah dihancurkan maupun dalam bentuk potongan sebagai camilan sorenya.

 

3. Irisan mangga

Kaya akan kandungan vitamin C dan A, Moms juga bisa memberikan buah mangga sebagai salah satu menu camilan bergizi saat anak melakukan BLW. Namun, pastikan untuk memilih mangga yang manis, ya. Memiliki tekstur yang lembut dan mudah dikunyah, buah mangga ini dapat menjadi

 

4. Telur ayam

Coba rebus telur hingga benar-benar matang, setelah itu kupas dan iris menjadi empat bagian dengan memisahkan bagian putih dan kuningnya. Telur berperan sebagai sumber protein hewani yang sangat bagus untuk menunjang pertumbuhan anak.

 

5. Daging ayam

Selain telur rebus, Moms juga bisa memberikan daging ayam pada saat Ia sudah pandai mengunyah makanan atau sudah tumbuh gigi.

 

Tak perlu khawatir Buah Hati menjadi kotor, meja makan atau alat makan anak yang berminyak dan lengket, serta lantai penuh dengan bekas makanan yang berjatuhan saat melakukan BLW di rumah, Moms bisa membersihkannya dengan Pure Baby Multipurpose Wipes. Dengan formulasi Food Grade dan tidak mengandung alkohol, Pure Baby Multipurpose Wipes aman untuk membersihkan wajah, tangan, ataupun permukaan meja makan Buah Hati. Pure Baby Multipurpose Wipes juga diperkaya dengan Ekstrak Kolostrum dari sapi, Xylitol dan Antibacterial Agent yang dapat membunuh bakteri dan kuman secara efektif. Kebersihan dan kesehatan Buah Hati tetap terjaga, deh!

Monday, 03 April 2023

SUBSCRIBE TO PURE BABY NEWSLETTER SUBSCRIBE