DEVELOPMENT AND GROWTH

Mengapa Bayi Baru Lahir Sering Alami Belekan?

‘Belekan’ atau kondisi keluarnya kotoran mata sebenarnya hal yang wajar, apabila terjadi di saat-saat tertentu, seperti saat bangun tidur. Namun pada bayi, terutama di tiga bulan pertama, kondisi belakan seringkali membuat orang tua khawatir karena belek seringkali muncul terus-menerus. Jika bayi Moms mengalami kondisi ini, jangan diabaikan ya. Ini tanda bahwa mata bayi sedang mengalami gangguan.

Apa Saja Penyebab Mata Bayi Belekan?

Dilansir dari alodokter, belek atau kotoran pada mata bayi muncul ketika air mata yang seharusnya mengalir ke permukaan mata, tertahan di sudut mata sehingga menyebabkan terbentuknya kerak. Akan tetapi, jika belek terus-menerus terbentuk dalam jangka waktu lama, kondisi ini bisa saja disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri yang dapat dialami bayi saat proses persalinan normal. Itu sebabnya kondisi belekan lebih sering dialami bayi yang baru lahir. 

Risiko infeksi akan semakin meningkat bila ibu menderita infeksi pada jalan lahir, misalnya gonore atau herpes. Pada kasus seperti ini, mata bayi belekan harus segera ditangani untuk mencegah terjadinya komplikasi, seperti kebutaan.

Cara Merawat dan Mengobati Mata Belekan pada Bayi

Meski tidak boleh disepelekan, bukan berarti Moms harus panik. Pada dasarnya belekan pada bayi sangat mungkin diobati, Moms bisa melakukan Langkah-langkah berikut ini

  1. Cuci tangan hingga bersih sebelum dan sesudah membersihkan belek pada mata Buah Hati.
  2. Siapkan kapas bersih dan basahi dengan air hangat.
  3. Usap mata Buah Hati secara perlahan dari sudut mata bagian dalam ke sudut mata bagian luar. Ganti kapas setiap satu kali usapan. Ulangi hingga bersih.
  4. Keringkan mata Si Buah Hati menggunakan handuk berbahan lembut atau kain lap bayi. Setelahnya, segera cuci dan jangan gunakan lap secara berulang untuk menghindari kontaminasi virus atau bakteri. 

Gejala Bayi Belekan Tak Kunjung Sembuh

Nah, Moms perlu juga memperhatikan kondisi mata bayi selama perawatan mata belekan. Jika muncul gejala-gejala di bawah dan belekan tak kunjung sembuh, segeralah berkonsultasi ke dokter. 

  1. Munculnya kotoran mata berwarna kekuningan atau kehijauan
  2. Adanya nanah pada mata bayi
  3. Bagian putih mata menjadi kemerahan
  4. Bagian atas kelopak mata membengkak
  5. Produksi air mata berlebihan
  6. Buah Hati terlihat sering menggosok mata dan tampak kesakitan atau lebih rewel
  7. Buah Hati kesulitan untuk membuka kedua matanya
  8. Struktur mata atau kelopak mata bayi tampak tidak teratur

Apabila Buah Hati mengalami gejala di atas dan belekan tak kunjung hilang, kemungkinan dokter akan memberikan obat tetes mata khusus atau jenis obat lainnya. Perhatikan perkembangan kondisi bayi dengan seksama ya Moms!

Artikel Lainnya: 4 Ide Bermain di Kamar Mandi, Cara Ampuh Bujuk Buah Hati Mandi

Thursday, 09 December 2021

SUBSCRIBE TO PURE BABY NEWSLETTER SUBSCRIBE