DEVELOPMENT AND GROWTH

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Bayi Mengalami Fase Oral

Apakah Moms pernah merasa khawatir karena si Buah Hati mulai memasukkan berbagai benda ke dalam mulutnya? Jangan buru-buru melarangnya ya. Hal ini sangat wajar terjadi, bahkan merupakan salah satu tahapan perkembangan yang harus dilewati oleh Buah Hati. Biasanya, fase oral pada bayi ini dimulai pada usia 4 bulan. Jika Buah Hati mulai mengalaminya, Moms perlu memperhatikan beberapa hal berikut agar Buah Hati bisa melewati fase oralnya dengan aman dan nyaman.


Ukuran benda

Bayi belum bisa memilah benda yang berbahaya atau tidak untuk dimasukkan ke mulutnya. Biasanya bayi cenderung tertarik dengan warna dan tekstur benda. Namun Moms perlu memperhatikan jangan sampai bayi mengambil barang yang ukurannya terlalu kecil karena ada risiko benda tersebut dapat tertelan dan membahayakan bayi.


Bentuk dan benda

Selain ukuran, lihat juga bahan benda yang masuk ke mulut bayi. Jangan sampai benda tersebut tajam hingga bisa melukai bayi. Waspada juga pada benda seperti pensil dan pulpen memiliki ujung yang tajam sehingga bisa melukai bayi.


Baca jugaMengenal Fase Oral Pada Bayi


Jauhkan botol berisi cairan

Botol berisi minyak telon, lotion, atau sabun mungkin sering ada di sekitar si Buah Hati. Namun ketika mulai memasuki fase oral, Moms harus lebih berhati-hati dan menjauhkan botol-botol berisi cairan tersebut karena dikhawatirkan cairan di dalamnya dapat tertelan oleh bayi.


Waspada dengan obat-obatan

Selain botol berisi cairan, obat-obatan juga perlu dijauhkan dari jangkauan bayi. Akan sangat berbahaya bila si Buah Hati tidak sengaja menelan pil obat ketika sedang bereksplorasi. Jadi pastikan Moms sudah menyimpan obat dan vitamin di wadah tertutup rapat dan jauh dari jangkauan si Buah Hati.


Kebersihan benda

Terakhir namun tidak kalah penting, pastikan Moms selalu memperhatikan kebersihan benda yang masuk ke mulut bayi. Sebaiknya cuci mainan atau benda yang sering disentuh si Buah Hati secara berkala. Khusus untuk mainan yang sering dimainkan, lebih baik jika Anda selalu membersihkannya setiap kali selesai dimainkan dengan Pure Baby Multipurpose Wipes yang praktis untuk membersihkan permukaan mainan dan benda lainnya. Diperkaya dengan Colostrum Extract, Xylitol serta Antibacterial Agent yang secara efektif membunuh bakteri dan kuman. Aman digunakan untuk bayi karena sudah teruji secara dermatologis tidak menyebabkan iritasi, tidak menggunakan bahan yang menyebabkan alergi , no added paraben, alcohol free dan food grade formula sehingga aman untuk membersihkan mainan dan barang-barang si Buah Hati.


Nah itulah 5 hal yang perlu diperhatikan saat bayi mengalami fase oral. Semoga bisa membantu Moms melewati fase ini dengan tenang yaa!

Wednesday, 23 March 2022

SUBSCRIBE TO PURE BABY NEWSLETTER SUBSCRIBE