BABY CARE

Perut Bayi Sering Kembung Sebabkan Rewel? Atasi dengan Cara Berikut Ini Ya, Moms

Buah Hati Anda seringkali rewel tanpa sebab? Well, tak melulu karena lapar, popok yang sudah penuh, atau mengantuk, rewel pada bayi juga bisa disebabkan oleh rasa tidak nyaman yang mereka rasakan atau yang dikenal juga dengan istilah kolik. Salah satu penyebabnya adalah perut kembung. Bayi menjadi rewel karena mereka belum memiliki kemampuan untuk mengomunikasikan apa yang mereka rasakan.

Penyebab bayi rewel dalam waktu yang lama

Melansir dari Mayo Clinic, pada dasarnya bayi memang dikenal suka rewel dan menangis, khususnya selama tiga bulan pertama kehidupannya. Secara umum, kolik didefinisikan sebagai kondisi di mana bayi akan menangis selama tiga jam atau lebih dalam sehari, tiga hari, bahkan dalam seminggu atau lebih lama dengan beberapa tanda sebagai berikut:

  1. Tangisan yang intens dan tampak seperti teriakan atau ekspresi rasa sakit.
  2. Menangis tanpa alasan yang jelas, berbeda saat menangis karena lapar atau popok sudah penuh.
  3. Kerewelan yang ekstrem bahkan setelah tangisan berkurang.
  4. Waktu rewel dapat diprediksi, biasanya lebih sering terjadi di malam hari.
  5. Perubahan warna wajah, seperti kulit memerah atau memerah.
  6. Kaki dan lengan menegang, tangan mengepal, punggung yang melengkung, atau perut yang tegang.

Tanda bayi rewel atau mengalami kolik akibat perut kembung

Bayi yang berusia 0-3 bulan seringkali mengalami perut kembung karena saluran cernanya belum bekerja sempurna. Biasanya hal ini terjadi ketika Buah Hati mendapat laktosa berlebihan dari foremilk ASI (cairan ASI di awal ketika bayi mulai menyusui), sehingga menyebabkan penumpukan gas di perutnya.

Melansir dari Siloam Hospital, beberapa gejala yang mungkin ditimbulkan ketika bayi mengalami perut kembung antara lain sebagai berikut.

  1. Susah tidur atau tidurnya gelisah.
  2. Nafsu makan menurun.
  3. Sering buang gas, baik dengan cara kentut atau sendawa.
  4. Sering mengangkat kakinya sampai ke dada.
  5. Perut terasa sedikit mengeras saat dipegang.

Cara mengatasi perut kembung pada bayi

Jika Buah Hati mulai menunjukkan beberapa tanda di atas, maka segera atasi dengan beberapa cara berikut ini.

1. Pijat bayi

Berikan pijatan dengan tekanan yang lembut searah jarum jam pada perut bayi. Moms bisa memijatnya menggunakan baby oil agar Buah Hati merasa lebih nyaman dan tidak pegal akibat terlalu lama berbaring atau menyusui.

2. Lakukan gerakan kaki mengayuh sepeda pada bayi

Setelah memijat bayi dengan lembut, coba juga gerakan kaki mengayuh sepeda pada bayi untuk mengatasi perut kembungnya. Caranya adalah dengan posisikan bayi telentang di kasur, angkat kedua kakinya, kemudian ayunkan kedua kaki seperti gerakan sedang mengendarai sepeda. Gerakan ini dipercaya dapat membantu untuk mengeluarkan gas dari dalam perutnya, sehingga keluhan perut kembung dapat mereda secara perlahan.

3. Sendawakan bayi setelah menyusu

Hal ini dapat membantu mendorong udara yang masuk selama menyusui keluar dari perutnya. Untuk yang satu ini, coba gendong dan dekap Si Buah Hati secara tegak sambil menepuk punggungnya secara lembut dan tunggu hingga Si Buah Hati bersendawa.

4. Mengusap punggung dan perut bayi

Lakukan dengan cara meletakkan bayi dalam posisi telungkup, lalu usap punggungnya secara perlahan untuk membantu mengeluarkan gas yang berlebihan di perutnya. Moms juga bisa mengusap lembut perut Si Buah Hati sambil melakukan gerakan pijat “I Love You” (ILU). Tak hanya membantu mengeluarkan gas dalam perut bayi, gerakan ini juga ampuh untuk membuatnya nyaman sekaligus meningkatkan bonding antara ibu dan anak.

5. Memosisikan kepala bayi lebih tinggi saat tidur

Tujuannya adalah untuk memberikan tekanan pada perutnya, sehingga gas dapat keluar melalui saluran cerna bawah dengan mudah.

6. Buat Si Buah Hati merasa nyaman

Selain melakukan beberapa cara di atas, cara mengatasi perut bayi sering kembung sebabkan rewel adalah dengan membuatnya merasa nyaman. Moms bisa memulainya dengan mengganti popoknya secara berkala, menyeka tubuhnya baik menggunakan handuk hangat maupun tisu basah, memberikan pakaian yang nyaman (tidak terlu tebal maupun tipis), dan mengajaknya untuk rutin tummy time.

Tak boleh sembarangan, pastikan untuk menggunakan tisu basah khusus bayi seperti Pure Baby Multipurpose Wipes yang dengan formula lembut dan tidak mengandung alcohol untuk membersihkan wajah, tangan, dan saat mengganti popok tanpa mengotori tangan. Tak hanya itu saja, Pure Baby Multipurpose Wipes juga dilengkapi kandungan Colostrum Extract dan Antibacterial Agent yang akan melindungi kulit bayi agar tetap bersih, lembut, dan bebas iritasi.

Pastikan untuk melengkapi produk perawatan bayi di rumah dengan rangkaian dari Pure Baby ya, Moms!

Tuesday, 11 April 2023

SUBSCRIBE TO PURE BABY NEWSLETTER SUBSCRIBE