BABY CARE

Perawatan Biang Keringat Agar Buah Hati Tetap Nyaman dan Tidurnya Nyenyak

Meski terdengar sepele, biang keringat seringkali membuat Buah Hati merasa tidak nyaman dan berujung rewel. Melansir dari laman situs What to Expect, biang keringat atau miliaria pada bayi terjadi ketika keringat berlebih menyumbat kelenjar keringat, sehingga keringat terperangkap di bawah kulit dan menyebabkan benjolan atau lepuhan merah. Kondisi ini biasanya terjadi akibat paparan cuaca panas dan udara yang lembap serta pakaian yang ketat atau terlalu hangat serta tebal pada bayi.

4 Jenis biang keringat yang sering terjadi pada bayi

Agar Moms lebih waspada, berikut ini beberapa jenis biang keringat yang mungkin dialami Buah Hati yang harus disimak. 

1. Miliaria Kristalina

Merupakan jenis biang keringat yang paling ringan dan hanya memengaruhi lapisan kulit teratas. Cirinya adalah muncul bintil-bintil merah berisi cairan jernih. Bintil ini mudah pecah. Biang keringat jenis ini biasanya tidak gatal dan tidak terasa sakit.

2. Miliaria rubra

Biang keringat yang terjadi di lapisan kulit yang lebih dalam. Gejalanya berupa bintil merah disertai dengan rasa gatal dan menyengat, ukurannya kecil sekitar 1-2 mm, dan berwarna merah. Bintil-bintilnya biasanya tersebar, tapi dapat juga berkelompok dan biasanya terdapat di bagian tubuh yang tertutup serta sering tergesek pakaian.

3. Miliaria pustulosa

Merupakan perkembangan lanjutan dari miliaria rubra yang mengalami peradangan. Tanda-tandanya yaitu bintil merah yang terisi nanah sehingga berubah warna menjadi putih atau kuning. Bila ini terjadi pada bayi, itu artinya sudah terjadi infeksi pada kulitnya.

4. Miliaria profunda

Jenis ini paling jarang terjadi. Biang keringat ini terjadi di lapisan lebih dalam. Tertahannya keringat di lapisan kulit ini akan menyebabkan munculnya bintil merah yang lebih besar dan lebih keras. Meski jarang, biang keringat jenis ini bersifat kronis dan sering kambuh.

Perawatan biang keringat agar bayi merasa lebih nyaman

  1. Gunakan pakaian yang nyaman, berbahan lembut, tipis, longgar, dan menyerap keringat.
  2. Nyalakan penyejuk ruangan dan tingkatkan sirkulasi udara agar Buah Hati tidak kegerahan.
  3. Menjaga tubuh bayi tetap kering. Jika Buah Hati berkeringat, segera mandi dan ganti pakaiannya.
  4. Jangan membiarkan bayi berdiam dalam satu posisi terlalu lama (terutama bayi kecil yang belum bisa bergerak secara mandiri). Entah dipangku, digendong, atau dibaringkan di tempat tidur, Moms harus sering mengubah posisi bayi. Hal ini mencegah salah satu bagian tubuh bayi terlalu panas dan berkeringat sehingga menimbulkan biang keringat.

Agar tidak salah pilih produk perawatan kulit bayi, Moms bisa memilih Pure Baby Happy Time Head to Toe Wash sebagai salah satu produk yang dapat menjaga kesehatan dan kelembutan kulit bayi yang masih sangat sensitif. Diformulasikan khusus dengan bahan alami pilihan, Pure Baby Happy Time Head to Toe Wash diperkaya kandungan bahan alami ekstrak kolostrum dari sapi dan minyak almond sebagai sumber nutrisi untuk melindungi kulit bayi dari kekeringan sekaligus merawat rambut tetap halus dan mudah diatur.

Selain itu, berikut ini beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Pure Baby Happy Time Head to Toe Wash juga memiliki keunggulan lainnya, seperti:

  1. Sudah teruji secara dermatologis (dermatologically tested).
  2. Tidak mengandung bahan yang menyebabkan alergi (non-allergy formula).
  3. Mengandung bahan alami dengan pH seimbang (pH balanced).
  4. Tidak mengandung paraben yang dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi.
  5. Diformulasikan khusus untuk kulit bayi yang teramat halus.

Monday, 05 June 2023

SUBSCRIBE TO PURE BABY NEWSLETTER SUBSCRIBE