BABY CARE

Penyebab Ruam Popok Pada Bayi dan Cara Mengatasinya

Ruam popok cukup sering terjadi, terutama pada bayi yang belum memasuki fase toilet training. Sebenarnya apa penyebab ruam popok dan cara mengatasinya?

Diaper rash atau ruam popok adalah iritasi dan peradangan kulit bayi akibat penggunaan popok. Ruam popok ditandai dengan kemerahan pada kulit bayi di daerah pantat, lipat paha, dan kelamin. Bukan hanya memerah, kulit yang mengalami ruam juga akan terasa gatal hingga perih sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman pada bayi. Berikut ini adalah hal-hal yang bisa menjadi penyebab ruam popok pada Buah Hati dan perlu Moms waspadai serta cara mengatasinya.

Iritasi dari tinja dan urin

Paparan urin atau tinja yang terlalu lama dapat mengiritasi kulit sensitif bayi. Sering-seringlah mengganti popok. Segera lepaskan popok basah atau kotor setiap kali terasa penuh. Bayi baru lahir mungkin perlu mengganti popoknya setiap 2-3 jam sekali. Sedangkan bayi di atas 6 bulan perlu mengganti popok paling tidak 4 jam sekali.  Utamakan untuk membilas area genital dan pantat bayi dengan air bersih setiap Moms mengganti popok.

Gesekan dari popok dan pakaian

Pemakaian Popok atau pakaian yang terlalu ketat yang bergesekan dengan kulit dapat menyebabkan ruam. Gunakan pakaian berbahan lembut yang adem dan longgar untuk mencegah ruam.

Infeksi bakteri atau jamur

Area yang tertutup popok — bokong, paha, dan alat kelamin — sangat rentan karena hangat dan lembap, menjadi tempat berkembang biak yang sempurna bagi bakteri. Ruam ini dapat ditemukan di dalam lipatan kulit, dan mungkin ada titik-titik merah yang tersebar di sekitar lipatan. Setelah mandi, pastikan  mengeringkan bagian tubuh Buah Hati secara teliti dengan cara ditepuk-tepuk lembut dengan handuk dan jangan mengeringkan dengan cara menggosoknya.

Pengenalan makanan baru

Saat bayi mulai makan makanan padat, kandungan fesesnya berubah. Ini meningkatkan kemungkinan ruam popok. Perubahan pola makan Buah Hati juga dapat meningkatkan frekuensi buang air besar, yang dapat menyebabkan ruam popok. Jika Buah Hati masih minum ASI ada pula kemungkinan mengalami ruam popok sebagai respons terhadap sesuatu yang dimakan oleh Moms.

Kulit sensitif

Bayi dengan kondisi kulit, seperti dermatitis atopik atau dermatitis seboroik (eksim), lebih mungkin mengalami ruam popok maupun ruam di bagian selain area popok.

Moms bisa menggunakan Pure Baby Skin Rescue Rash Cream yang diformulasikan khusus dengan bahan alami pilihan untuk membantu melindungi kulit sensitive bayi dari kemerahan akibat udara panas, ruam popok dan bakteri penyebab iritasi. Diperkaya dengan Ekstrak Kolostrum & Vitamin E sebagai sumber nutrisi untuk menjaga kulit bayi tetap lembut dan sehat, serta Zinc Oxide untuk membantu meringankan kemerahan dan iritasi ringan pada kulit bayi.

Monday, 14 February 2022

SUBSCRIBE TO PURE BABY NEWSLETTER SUBSCRIBE