BABY CARE

Mengapa Sabun untuk Bayi Baru Lahir Harus Teruji pH Balanced?

Mengingat bahwa tidak semua sabun mandi berlabel ‘khusus bayi baru lahir’ bisa cocok digunakan pada kulit bayi yang sensitif, salah satu hal yang harus Moms perhatikan sebelum memilih sabun mandi adalah dengan memeriksa kadar pH yang tertera pada kemasannya. pH atau potential hydrogen adalah angka yang menunjukan tingkat keasaman suatu zat. Nilainya ditunjukan oleh angka 1 hingga 14 dengan angka 7 sebagai batas netral. pH yang rendah berarti zat tersebut bersifat asam. Sebaliknya, pH yang tinggi berarti zat tersebut bersifat basa.

 

Melansir dari Popmama.com, sabun untuk bayi baru lahir dengan pH yang tidak tepat dapat menghancurkan mekanisme perlindungan kulit dan menyebabkan berbagai masalah kulit pada bayi loh, Moms! Agar tidak salah pilih sabun untuk bayi baru lahir, berikut ini beberapa alasan mengapa kita harus memerhatikan kadar pH pada setiap produk sabun mandi khusus bayi yang bisa Moms simak.

 

1. Kadar pH kulit bayi dan dewasa sangatlah berbeda

Sebagai orang dewasa, kita memiliki pH kulit cenderung netral, yaitu sekitar angka 7. Berbeda dengan pH kulit bayi yang baru lahir yang cenderung asam, yaitu pada angka 5,5. Kondisi kulit yang lebih asam inilah yang paling siap untuk melawan penyebaran bakteri atau jamur, sehingga sangat penting untuk mempertahankan kadar pH 5,5 ini.

 

2. Kulit bayi memiliki karakter yang berbeda dengan orang dewasa

Selain lebih asam, anatomi kulit bayi juga berbeda dari kulit orang dewasa. Bayi yang baru lahir memiliki lapisan dermis maupun hydolipidic (lapisan yang terdiri dari keringat, sebum, dan air) yang jauh lebih tipis, sehingga lebih rentan kering dan sensitif terhadap benda-benda asing. Hal inilah yang membuat kita harus lebih teliti dalam merawat kulit tubuhnya.

 

3. Kadar pH sabun mandi yang tepat dapat memberikan lapisan pelindung ekstra pada kulit bayi

Pada dasarnya, kulit manusia baik pada bayi maupun orang dewasa sudah memiliki lapisan perlindungannya sendiri. Lapisan ini disebut acid mantle yang dihasilkan oleh kelenjar minyak. Hanya saja, kelenjar minyak pada bayi yang baru lahir belum berkembang dengan baik. Oleh karena itu, sebaiknya Moms memilih sabun bayi yang tidak hanya dapat membersihkan, tetapi juga membantu menciptakan acid mantle tambahan pada kulit bayi.

 

Sebaliknya, penggunaan sabun untuk bayi yang baru lahir dengan pH yang tidak tepat justru bisa menghilangkan lapisan pelindung alami pada kulit bayi dan memicu berbagai masalah kulit, mulai dari alergi, peradangan, hingga iritasi yang membuat kulit memerah, kering, gatal, bersisik, dan membuat bayi merasa tidak nyaman.

 

Oleh karena itu, yuk rawat kulit bayi menggunakan sabun untuk bayi baru lahir dengan kadar pH rendah atau seimbang (pH balanced) untuk mencegah timbulnya berbagai masalah kulit pada Buah Hati. Sebagai rekomendasinya, Moms bisa memilih Pure Baby Happy Time Head to Toe Wash yang tak hanya bisa menjaga kesehatan dan kebersihan kulit tubuh, tetapi juga rambut bayi yang baru lahir.

 

Memiliki kadar pH seimbang, Pure Baby Happy Time Head to Toe Wash juga diformulasikan dengan bahan alami dan diperkaya ekstrak kolostrum dari sapi dan minyak almond yang baik untuk melindungi sekaligus menutrisi kulit bayi agar tidak kekeringan.

 

Selain sudah pH balanced, Pure Baby Happy Time Head to Toe Wash juga bebas kandungan paraben dan sudah teruji secara dermatologis, sehingga aman digunakan pada kulit bayi yang masih tipis dan tidak menyebabkan iritasi. Berkat Pure Baby Happy Time Head to Toe Wash sekarang Moms tak perlu bingung lagi deh memilih sabun untuk bayi baru lahir dengan kadar pH balanced!

Monday, 23 January 2023

SUBSCRIBE TO PURE BABY NEWSLETTER SUBSCRIBE