BABY CARE

Cara Membersihkan Area Genital Bayi yang Benar

Area genital bayi perlu mendapatkan perhatian khusus saat dibersikan. Sebab, bagian tubuh satu ini perlu dibersihkan dengan lembut dan teliti agar tidak menimbulkan masalah kesehatan. Penting untuk diingat, Moms harus mencuci tangan sampai bersih sebelum membersihkan area genital Buah Hati, kemudian bedakan cara membersihkan area genital bayi dengan benar!

Bayi laki-laki

  1. Angkat kotoran yang terdapat di sekitar alat kelamin menggunakan tisu basah atau kapas bulat yang telah dibasahi air hangat.
  2. Bersihkan lagi bagian yang kotor dengan menggunakan kapas bulat yang telah dibasahi air hangat.  Aliri air pada kelaminnya dengan memeras kapas basah yang bersih, caranya dengan ditepuk-tepukan lembut.
  3. Bersihkan daerah sekitar lipatan skrotum/buah zakar ke arah belakang/anus. Lakukan beberapa kali sampai terlihat benar-benar bersih.
  4. Bersihkan area bokong dengan cara memegangi kedua kakinya, angkat dan bersihkan dari arah depan ke belakang.

Bayi perempuan

  1. Bersihkan semua kotoran dengan tisu/kapas lebih dulu.
  2. Setelah itu bersihkan daerah bokong dengan menggunakan kapas basah dari arah depan ke belakang (dari vagina ke anus). Ini untuk menghindari masuknya kotoran/kuman ke vagina bayi dari anus.
  3. Bersihkan kelamin dengan menggunakan kapas bulat yang telah dicelup air hangat. Bersihkan juga daerah sekitar kelamin/lipatan paha dengan cara merenggangkan kaki bayi sedikit ke arah samping. Bersihkan kedua sisinya.
  4. Terkadang pada bayi baru lahir terlihat cairan seperti keputihan yang keluar dari vagina, orangtua tidak perlu khawatir karena itu adalah kelebihan hormon ibu dalam tubuh. Segera ke dokter bila cairan  terlihat berlebihan atau berwarna kuning kehijauan.

Kondisi sekitar area genital yang tertutup dan lembap terkadang memang membuat kulit bayi mudah mengalami iritasi sehingga timbul gatal dan kemerahan. Nah, untuk mengatasinya, gunakan Pure Baby Skin Rescue Rash Cream diformulasikan khusus dengan bahan alami pilihan untuk membantu melindungi kulit sensitive bayi dari kemerahan akibat udara panas, ruam popok dan bakteri penyebab iritasi. Diperkaya dengan Ekstrak Kolostrum dari sapi & Vitamin E sebagai sumber nutrisi untuk menjaga kulit bayi tetap lembut dan sehat, serta Zinc Oxide untuk membantu meringankan kemerahan dan iritasi ringan pada kulit bayi.

Tuesday, 17 May 2022

SUBSCRIBE TO PURE BABY NEWSLETTER SUBSCRIBE