BABY CARE

Sering Terbangun, Bagaimana Cara Meningkatkan Kualitas Tidur Bayi?

Tidur nyenyak dan berkualitas pada bayi adalah salah satu aspek penting untuk tumbuh kembangnya. Bukan hanya untuk memulihkan energinya, tetapi juga bisa mempengaruhi kesehatan dan kecerdasan. Dilansir dari alodokter, studi di Israel menunjukkan bahwa bayi usia 1 tahun yang kurang tidur diduga akan memiliki rentang konsentrasi yang lebih pendek, mudah lupa, dan mempunyai masalah perilaku begitu mereka menginjak usia 3 dan 4 tahun. Waktu tidur yang cukup juga memainkan peran penting terhadap perkembangan kognitif buah hati, yaitu kemampuan untuk berpikir dan memahami, mengolah informasi, belajar bahasa, dan lain sebagainya. Pada anak usia sekolah, kurang tidur bisa membuat mereka kurang konsentrasi dalam belajar, bersikap nakal, mendapatkan nilai yang jelek, depresi, hingga hiperaktif.

Namun, membuat Buah Hati tidur lelap sepanjang malam memang cukup menantang. Moms dapat melakukan cara berikut untuk meningkatkan kualitas tidur bayi.

  1. Pastikan Buah Hati sudah kenyang
    Jika setelah tertidur si kecil masih terlihat sering terlihat gelisah atau menangis, amatilah faktor penyebabnya. Bisa jadi Buah Hati masih lapar dan perlu disusui. Pada bayi di bawah 3 bulan, kemungkinan Moms masih perlu menyusuinya setiap 2-3 jam sekali. Pasang alarm untuk menyusui supaya Buah Hati tidak harus menunggu terlalu lama dan terbangun.
  2. Cek popok berkala
    Ganti popok Buah Hati sebelum tidur dengan popok yang baru yang masih kering. Setelahnya, saat jam menyusui tiba, cek kembali kondisi popok apakah sudah basah atau belum. Gunakan popok sekali pakai dengan daya serap yang tinggi, agar si kecil bisa tidur dengan nyenyak. Salah satu penyebab Buah Hati sering terbangun adalah karena dia merasa tidak nyaman dengan popok yang basah.
  3. Atur pola tidur
    Jam tidur bayi itu awalnya memang berantakan. Namun Moms bisa mengatur pola tidurnya perlahan-lahan.  Jangan biarkan si Buah Hati terlalu lama tidur siang. Bangunkan setiap 2-3 jam sekali jika ia tidur di siang dan sore hari agar ia tidak kesulitan tidur pada malam hari. di pagi hari, baiknya bayi punya jadwal bangun tidur yang teratur
  4. Pijat bayi
    Sebuah penelitian menunjukkan bahwa para bayi dan batita yang dipijat sebelum tidur selama 15 menit, setiap hari selama sebulan penuh, akan lebih mudah tertidur. Jangan lupa oleskan Pure Minyak Telon Plus agar tubuh si kecil terasa hangat saat dipijat.
  5. Mandikan dengan air hangat
    Bersihkan badan Buah hati sebelum tidur. Seka dengan air hangat agar tubuh bayi tidak lengket. Setelah mandi air hangat, biasanya bayi akan mudah tertidur dengan pulas karena tubuhnya lebih santai dan peredaran darah lebih lancar.
  6. Kenakan pakaian nyaman
    Kenakan pakaian yang nyaman, seperti yang berbahan kaus atau katun yang mudah menyerap keringat. Pastikan ukurannya pas, tidak kelewat besar atau kecil. Hindari pakaian berbahan sintetis karena tidak menyerap keringat. Gunakan selimut bila diperlukan saja.
  7. Atur suasana kamar tidur
    Atur cahaya lampu menjadi redup dan suhu ruangan pas agar bayi tidak merasa kepanasan maupun kedinginan. Sesuaikan dengan selera Buah Hati. Namun yang pasti, suasana kamar tidur harus bebas dari nyamuk.

Untuk mencegah gigitan nyamuk, oleskan Pure Minyak Telon Plus di sekujur tubuh bayi. Pure Baby Minyak Telon Plus, Minyak telon dengan kandungan Eucalyptus dan Lavender Oil yang membantu memberikan kehangatan serta menghindari bayi dari gigitan nyamuk selama 8 jam dengan keharuman yang menenangkan. Dapatkan produknya di Watson ataupun secara online lewat Tempo Store yang tersedia di berbagai e-commerce seperti blibli, Lazada, Shopee, Tokopedia, dan JD.id.

BACA JUGA : 4 Kegunaan Minyak Telon untuk Perawatan Bayi

Sebagian sumber: alodokter

Kategori:
BABY CARE

SUBSCRIBE TO PURE BABY NEWSLETTER

SUBSCRIBE