BABY CARE

Ruam Merah di Pipi Bayi, Benarkah karena ASI?

Ruam kemerahan sering muncul di pipi bayi, pendapat lama mengatakan bahwa penyebabnya adalah cipratan dari ASI. Itu alasannya ruam kemerahan tersebut sering disebut ruam susu. Namun ruam merah di pipi bayi, benarkah karena ASI? Yuk Moms, cek penjelasan berikut ini.

 

Apa itu eksim susu?

Istilah ‘eksim susu’ sebenarnya sama sekali tidak berhubungan dengan cipratan ASI. Namun adanya pemahaman bahwa segala hal yang ibu makan selama masa kehamilan dan menyusui akan terserap ke dalam ASI. Sehingga saat ibu memakan makanan yang dapat memicu reaksi peradangan atau alergi pada kulit, zat-zat tersebut akan tersalurkan ke dalam tubuh bayi lewat ASI yang ia minum. Meski demikian, ‘eksim susu’ sebenarnya bukan istilah yang tempat dan pemicu ruam merah di pipi bayi tak selalu diakibatkan karena kandungan dalam ASI melainkan ada berbagai kemungkinan lainnya. 

Dalam dunia kedokteran kondisi ini dapat dikategorikan sebagai eksim atau dermatitis atopik. Eksim tergolong sebagai salah satu jenis penyakit dermatitis yang umum terjadi pada bayi dan anak kecil. Penyebab eksim memang belum dapat dipastikan. Namun, ruam atau bintik kemerahan khas eksim yang menyebabkan pipi bayi merah, bersisik, dan terasa gatal tidak disebabkan oleh konsumsi atau paparan susu (ASI).  

Dermatitis atopik biasanya muncul dalam 6 bulan pertama kehidupan Buah Hati. Melansir National Eczema Association, sekitar 30 persen penderita eksim di dunia sudah lebih dulu memiliki alergi terhadap suatu makanan; biasanya makanan yang mengandung kacang, telur, dan susu. Kabar baiknya, cenderung semakin membaik seiring bertambahnya usia bayi dan imun yang semakin kuat. 

Baca Juga: Mengenal dan Mengatasi Dermatitis Atopik pada Bayi

 

Jangan Hentikan Pemberian ASI

Setelah membaca penjelasan di atas, Moms kini sudah tahu bukan, kalau ruam merah pada pipi bayi sama sekali bukan disebabkan oleh ASI. Oleh karena itu, jangan hentikan pemberian ASI karena khawatir anak mengalami ruam, itu bukanlah solusi. Justru, menghentikan pemberian ASI akan membuat Buah Hati kehilangan asupan makanan terbaiknya dan berisiko menghambat proses tumbuh kembang bayi. 

Kandungan nutrisi dalam ASI justru dapat mengoptimalkan fungsi sistem imun bayi yang dapat memperbaiki reaksi alergi terhadap makanan seiring waktu. Maka dari itu, bayi tetap harus, bisa, dan boleh menyusu ASI. Namun, ibu sebaiknya memang menghindari berbagai jenis makanan yang memicu munculnya alergi makanan pada bayi. Cara untuk mengetahuinya harus melalui trial & error berbagai jenis makanan, namun cobalah dalam porsi kecil saja.

 

Perawatan Kulit Bayi

Untuk eksim yang dialami si Buah Hati, rawatlah dengan cara menjaga kebersihan dan kelembapan kulitnya. Pastikan Moms menggunakan produk perawatan khusus kulit bayi yang sensitif seperti Pure Baby. Terdiri dari Pure Baby Shampoo, Pure Baby Milk Bath, dan Pure Baby Hair and Body Wash yang diformulasikan khusus dengan bahan alami pilihan untuk kulit Buah Hati dengan lembut. Diperkaya dengan Colostrum Extract dan Almond Oil sebagai sumber nutrisi untuk melindungi kulit dari kekeringan, menjaga kulit bayi tetap halus, dan sehat. Rangkaian produk Pure Baby juga  telah teruji secara dermatologi (Dermatologically Tested)   untuk kulit bayi yang teramat halus, SLS Free, Halal, dan mengandung Extra Moisturizer. 

 

Dapatkan produk-produk Pure Baby dengan melakukan pembelian di Watson ataupun secara online melalui Tempo Store yang tersedia di berbagai e-commerce seperti blibli, Lazada, Shopee, Tokopedia, dan JD.id.

 

Sumber: hellosehat.com

Kategori:
BABY CARE

SUBSCRIBE TO PURE BABY NEWSLETTER

SUBSCRIBE