BABY CARE

Penyebab dan Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Perut kembung adalah kondisi dimana udara yang terperangkap di perut, tetapi bagi beberapa bayi rasanya bisa menyakitkan. Dilansir dari situs Medical News Today dijelaskan nyaris semua bayi pernah merasakan kembung.  Kembung terjadi ketika udara masuk ke saluran pencernaan biasanya Ketika bayi melakukan hal berikut:

  1. Mengisap / minum dari botol susu
  2. Posisi menyusui kurang tepat
  3. Setelah menangis keras. 
  4. Pada bayi yang sudah mulai makan, salah makan juga bisa menyebabkan kembung.

Beberapa gejala kembung pada bayi di antaranya adalah bayi menangis saat buang gas atau segera setelahnya, menangis sambil melengkungkan punggung dan mengangkat kakinya, perutnya tampak membesar, dan sering buang gas atau bersendawa. Selama tidak ada gejala lain yang menyertai seperti konstipasi, BAB berdarah, muntah, atau demam, Moms cukup bisa bernapas lega. Artinya, yang dialami Buah Hati kemungkinan hanya kembung biasa yang dapat diatasi sendiri dengan perawatan rumahan. Coba Moms lakukan beberapa cara berikut:

  • Ubah posisi menyusui

Saat menyusui secara langsung ataupun menggunakan botol, usahakan agar kepala bayi selalu lebih tinggi dari perutnya agar susu masuk dengan lancar ke perut dan gas di dalam perut naik ke atas dan memudahkan bayi bersendawa. 

  • Sendawakan bayi

Untuk menghindari perut kembung, jangan lupa untuk menyendawakan Buah Hati setiap selesai menyusu. Caranya dengan menggendong dengan posisi bayi tegak, lalu tepuk-tepuk lembut punggungnya. Kalau ia belum bersendawa, tunggu beberapa menit lalu coba tepuk-tepuk punggungnya kembali. 

  • Ganti botol susu bayi

Jika Buah Hati menyusu dengan botol dan mengalami kembung yang berulang, coba pikirkan untuk mengganti botol susu dengan jenis yang berbeda. Bisa jadi botol susu yang digunakan tidak sesuai dengan Buah Hati, baik ukuran maupun modelnya.

  • Pijat bayi

Ada berbagai cara untuk memijat bayi yang mengalami perut kembung. Salah satu yang paling dikenal adalah pijat “I Love U”. Moms cukup menyatukan jari telunjuk dan jari tengah. Letakkan jari di perut bayi bagian kiri. Kemudian, tekan dengan lembut ke arah bawah hingga seperti membentuk huruf I. Lalu, mulai dari perut bagian kiri, geser ke arah kanan, kemudian ke bawah hingga seperti membentuk huruf L. Setelah itu, dimulai dari atas paha kanan, geser jari hingga membentuk huruf U ke arah lipatan kaki kiri.

Baca Juga: Pelajari, Pijatan Perut Kembung untuk Bayi Anda

Untuk meredakan perut kembung sekaligus membuat Buah Hati merasa nyaman, olesi telapak tangan Moms dengan Pure Baby Minyak Telon Plus yang mengandung minyak lavender, bahan alami yang dapat mengusir nyamuk dengan harum yang menenangkan, minyak eucalyptus yang menghangatkan, melegakan pernapasan, dan efektif menghindarkan bayi dari gigitan nyamuk hingga 8 jam. Segera dapatkan produknya di Watson terdekat ataupun secara online melalui Tempo Store yang terdapat di blibli, Lazada, Shopee, Tokopedia, dan JD.id.

 

Kategori:
BABY CARE

SUBSCRIBE TO PURE BABY NEWSLETTER

SUBSCRIBE