BABY CARE

Mengenal dan Mengatasi Dermatitis Atopik pada Bayi

Dilansir dari laman website popmama, American Academy of Family Physicians (AAFP) menjelaskan bahwa gangguan kulit adalah salah satu keluhan yang paling sering dialami bayi dengan prevalensi mencapai 70 persen sehingga menjadi sumber kekhawatiran yang besar bagi orangtua. Salah satu yang cukup sering dialami bayi adalah dermatitis atopik atau dikenal di masyarakat sebagai eksim susu. 

 

Apa penyebab Dermatitis Atopik

Dermatitis atopik adalah radang kulit berulang yang disertai gatal pada bayi dan anak. Kelainan kulit berupa bintil-bintil kemerahan, gatal, yang kemudian bila berlangsung lama (kronik), kulit menjadi kering, bersisik, luka-luka atau menebal dan menjadi kehitaman. Penyebabnya bisa berupa faktor keturunan, alergi protein (susu sapi, telur ayam, ikan laut, kacang-kacangan, dan lain-lain), bahan pakaian tertentu, cuaca panas atau dingin, maupun berbagai jenis iritan lainnya. Meski sering disebut eksim susu, dermatitis atopik bukan disebabkan oleh ASI, namun apabila Moms mengonsumsi makanan pemicu saat menyusui, maka dermatitis atopik anak bisa muncul. Kabar baiknya, sebagian besar bayi penderita dermatitis atopik kondisinya cenderung membaik seiring bertambahnya usia. 

 

Merawat Dermatitis Atopik

Dalam menangani dermatitis atopik, sangat penting untuk menghindari bahan iritan dan faktor pencetus, mengatasi rasa gatal dan kekeringan kulit, serta mengatasi reaksi peradangan dan infeksi sekunder. Sebab jika sering kambuh, bayi akan merasa gatal dan menggaruk-garuk kulit, sehingga dapat menyebabkan luka lecet dan tak jarang bisa sampai berdarah. Bagian-bagian tubuh yang sering mengalami kondisi ini adalah di kedua pipi, lekuk siku dan lekuk lutut. 

 

Cara Mencegah Dermatitis Atopik pada Bayi

Mengingat dermatitis atopik bersifat kambuhan, ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk mencegahnya kambuh dan bertambah parah :

  • Usahakan menjaga kebersihan kulit bayi dan anak
  • Menghindari suhu ekstrem, terlalu dingin dan terlalu panas
  • Menghindari faktor penyebab kekambuhan (iritan)
  • Cegah agar anak tidak menggaruk bagian kulit yang gatal
  • Menjaga kelembapan kulit bayi dengan selalu menggunakan produk perawatan khusus untuk bayi.

 

Untuk produk perawatan kulit bayi, percayakan saja pada Pure Baby, perawatan kulit bayi pertama di Indonesia yang mengandung colostrum extract dan almond oil terbaik yang mampu melindungi kulit dan rambut bayi dari kekeringan serta menjaga kulit bayi yang teramat halus agar tetap sehat dan lembut. Pure Baby memiliki tiga jenis produk perawatan mandi untuk si Buah hati, yaitu Pure Baby Hair & Body Wash, Pure Baby Shampoo, dan Pure Baby Milk Bath. Dapatkan rangkaian produk perawatan kulit bayi dari Pure Baby dengan melakukan pembelian di Watson ataupun secara online lewat Tempo Store yang tersedia di berbagai e-commerce seperti blibli, Lazada dan Shopee.

Baca Juga: Mengapa Bayi Baru Lahir Sering Alami Belekan?

Kategori:
BABY CARE

SUBSCRIBE TO PURE BABY NEWSLETTER

SUBSCRIBE