BABY CARE

Ini 5 Hal yang Bisa Moms Lakukan untuk Menjaga Kesehatan Kulit Bayi

Tak selamanya kulit bayi selalu sehat dan mulus. Nyatanya, kulit bayi yang masih sangat sensitif justru bisa mengalami berbagai iritasi jika tidak dirawat secara tepat.  Agar kulit Buah Hati Moms tetap sehat dan mulus, ini 5 hal yang bisa Moms lakukan untuk menjaga kesehatan kulit bayi!

 

1. Jangan Terlalu Sering Mandi

Tidak seperti toddler yang sudah sangat aktif bergerak, bayi—terutama di 3 bulan pertamanya belum terlalu banyak melakukan gerakan. Itu sebabnya tubuh bayi tidak terlalu kotor sehingga tidak perlu sering memandikan. Meskipun hanya mandi satu kali sehari, tidak masalah. Usahakan durasinya juga tidak lebih dari 5 menit. Jika tubuh Buah Hati dirasa berkeringat, Moms bisa mengelapnya dengan handuk yang dibasahi air hangat, termasuk untuk membersihkan sisa susu di area mulut. Pada area genital bersihkan dengan air dan keringkan sampai tuntas sebelum memakai popok untuk menghindari ruam.

 

2. Perawatan Kulit Kepala

Kulit kepala bayi baru lahir biasanya terlihat kering atau mengelupas seperti ketombe. Bahkan pada kondisi yang lebih parah, kulit kepala bayi bisa dipenuhi oleh bercak pengerasan kulit seperti sisik berwarna kekuningan, tebal, dan berminyak. Jangan panik Moms, kondisi ini termasuk lazim terjadi pada bayi dan disebut dengan istilah cradle cap.

Cradle cap dapat hilang dengan sendirinya setelah beberapa bulan. Moms cukup mencuci rambut Buah Hati menggunakan sampo khusus bayi yang lembut. Pijat lembut kepala bayi untuk membantu merontokkan sisik tersebut, kemudian sisir rambutnya menggunakan sisir bayi agar sisik dapat terlepas kemudian bilas dengan air bersih.

 

3. Cegah Ruam Popok

Untuk mencegah ruam popok atau kemerahan di sekitar area genital Buah Hati, gantilah popoknya ketika sudah basah atau kotor. Jika Moms menggunakan popok sekali pakai, tidak perlu menunggu sampai popok penuh, ganti secara rutin minimal setiap 4 jam agar kebersihan kulit bayi terjaga. 

 

4. Lindungi dari Sengatan Matahari Langsung

Rutinitas berjemur yang dilakukan Buah Hati untuk mendapat sinar matahari pagi sebenarnya baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin D. Namun hindari paparan sinar matahari langsung pada bayi yang baru lahir. Tetap kenakan pakaian tipis pada Buah Hati dan gunakan payung atau topi sebagai pelindung tambahan.

 

5. Gunakan Produk Perawatan Kulit Khusus Bayi

Untuk perawatan kulit Buah Hati, jangan coba-coba sembarang produk ya Moms. Apalagi jika produk tersebut bukanlah produk perawatan kulit khusus bayi, termasuk untuk sampo dan sabun mandi yang digunakan. Moms justru harus lebih teliti membaca kandungan dalam produk perawatan mandi bayi sebelum membelinya. Pastikan produk tersebut memiliki formula yang aman untuk si Buah Hati. 

 

Gunakan Pure Baby untuk menjaga kesehatan kulit bayi Moms, perawatan kulit bayi pertama di Indonesia yang mengandung colostrum extract dan almond oil terbaik yang mampu melindungi kulit dan rambut bayi dari kekeringan serta menjaga kulit bayi yang teramat halus agar tetap sehat dan lembut. Pure Baby memiliki tiga jenis produk perawatan untuk si Buah hati, yaitu Pure Baby Hair & Body Wash, Pure Baby Shampoo, dan Pure Baby Milk Bath. Dapatkan rangkaian produk perawatan kulit bayi dari Pure Baby untuk menyempurnakan baby spa di rumah dengan melakukan pembelian di Watson ataupun secara online lewat Tempo Store yang tersedia di berbagai e-commerce seperti blibli, Lazada, Shopee, Tokopedia, dan JD.id.

Sebagian sumber: alodokter

Kategori:
BABY CARE

SUBSCRIBE TO PURE BABY NEWSLETTER

SUBSCRIBE