DEVELOPMENT AND GROWTH

Hati-hati, Menu MPASI ini Sering Bikin Perut Bayi Kembung

Tahap pengenalan makanan pendamping ASI (MPASI) memang cukup menantang, tetapi Moms pasti mampu memberikan yang terbaik untuk Buah Hati melalui menu yang variatif dan bergizi. Namun, Moms harus berhati-hati, sebab menu MPASI ini sering bikin perut bayi kembung. Menu apa saja ya yang perlu diwaspadai?

 

Makanan (Terlalu) Asin dan Manis

Moms mungkin sering membaca bahwa menu MPASI anak di bawah 1 tahun sebaiknya tidak diberikan garam dan gula tambahan. Selain karena fungsi ginjalnya belum sempurna,ternyata  makanan asin bisa bikin perut bayi kembung. Selain itu batasi pemberian MPASI kemasan untuk Buah Hati karena mungkin tinggi sodium, yang bisa memicu perut kembung.

 

Produk Susu

Untuk bayi, makanan yang mengandung produk susu juga dapat membantu menambah berat badan. Pemberian MPASI yang mengandung produk susu bagi bayi bisa memicu perut kembung, sakit perut, dan bahkan diare. Mengutip Moms.com, produk susu juga kerap menjadi alasan utama anak buang angin (kentut) lebih sering dari seharusnya. Namun, Selama tidak ada kondisi medis khusus (seperti intoletransi laktosa), produk susu tetap baik diberikan pada Buah Hati dengan memperhatikan beberapa hal, misalnya diberikan sedikit demi sedikit untuk melihat reaksi pada bayi, dan hindari produk susu yang belum diproses (pasteurisasi) seperti susu sapi segar atau raw cheese.

 

Baca Juga: Fakta Kolostrum Sapi yang Perlu Ibu Tahu

 

Gluten

Banyak anak yang langsung kembung dan sakit perut jika mengonsumsi makanan yang mengandung gluten, terlebih jika anak tersebut masih di bawah 1 tahun. MPASI mengandung gluten juga bisa menyebabkan anak mengalami konstipasi, diare, dan masalah pencernaan lainnya. Komponen utama dalam makanan yang mengandung gluten adalah gliadin, sejenis protein yang sulit dicerna di saluran cerna bayi. 

 

Legum

Legum adalah tanaman dari keluarga Fabaceae, seperti kembang kol, kubis, brokoli, asparagus, seledri, dan ketimun. Jenis tanaman ini memang dikenal sebagai sumber karbohidrat, sulit dicerna oleh tubuh bayi. Akhirnya, lagum terfermentasi di saluran cerna dan menghasilkan gas berlebih yang membuat perut bayi kembung. Lebih baik, mulai dari jenis sayuran yang aman untuk pencernaan bayi seperti wortel, jagung, atau bayam ya.

 

Buah apel dan pir

Apel dan pir memang enak dan memiliki banyak manfaat. Namun jangan terlalu sering memberinya MPASI yang berbahan apel dan pir. Keduanya memiliki kadar sorbitol dan fruktosa yang tinggi, keduanya bisa mengganggu saluran cerna anak. Sebagai gantinya, pilih buah yang juga tinggi nutrisi seperti pisang dan berries yang tidak menyebabkan kembung pada Buah Hati.

Demikianlah sederet menu MPASI yang sering bikin perut bayi kembung. Moms perlu lebih bijak dalam memilih menu untuk makanan pertama Buah Hati. Jika perlu konsultasikan pada dokter anak ya, Moms. Jika bayi sampai mengalami perut kembung, bantu ia bersendawa dengan menepuk punggungnya, memberinya air putih hangat, dan memijat perutnya. Gunakan juga Pure Baby Minyak Telon Plus yang mengandung minyak lavender, bahan alami yang dapat mengusir nyamuk dengan harum yang menenangkan, minyak eucalyptus yang menghangatkan, melegakan pernapasan, dan efektif menghindarkan bayi dari gigitan nyamuk hingga 8 jam. Segera dapatkan produknya di Watson terdekat ataupun secara online melalui Tempo Store yang terdapat di blibli, Lazada, Shopee, Tokopedia, dan JD.id.

Baca Juga: 5 Alasan Bayi Baru Lahir Sering Menangis, Perut Kembung Salah Satunya

 

Sumber: motherandbaby.co.i

SUBSCRIBE TO PURE BABY NEWSLETTER

SUBSCRIBE