DEVELOPMENT AND GROWTH

5 Ide Menstimulasi Perkembangan Panca Indra Anak

Memiliki bayi yang terlahir dengan kondisi sehat dan sempurna tentu adalah hal yang pantas disyukuri. Namun seiring dengan pertumbuhan anak, tentu Moms tidak hanya perlu memastikan soal kesehatan anak, tetapi bagaimana agar perkembangannya juga berjalan optimal. Salah satu yang perlu diperhatikan dan distimulasi adalah perkembangan panca indra anak. Caranya, bisa dengan 5 ide menstimulasi perkembangan panca indra anak berikut ini!

 

  • Indra Penglihatan

Untuk menstimulasi penglihatan si Buah Hati, Moms bisa menggunakan buku cerita bergambar dengan kontras yang tinggi. Penelitian menunjukkan warna kontras tinggi seperti hitam dan putih termasuk yang tertanam paling kuat di otak bayi dan membantu saraf optik tumbuh. Tidak perlu membacakan seluruh isi buku, namun yang terpenting Buah Hati melihat gambar dalam buku tersebut dan membangun bonding dengan Moms. Cara ini cocok diterapkan untuk bayi usia 0-3 bulan.

 

  • Indra Penciuman

Melatih penciuman si Buah Hati bisa jadi kegiatan yang menyenangkan lho, Moms. Siapkan beberapa kantong kain kecil, isi dengan berbagai barang yang mengeluarkan aroma yang aman seperti buah-buahan, sabun, atau rempah-rempah. Biarkan Buah Hati mencium berbagai aroma tersebut. Untuk Buah Hati yang sudah memasuki usia toddler, Moms bisa menutup mata dengan kain dan memintanya menebak isi ‘kantong aroma’ tersebut.

 

  • Indra Pendengaran

Siapkan beberapa barang di rumah yang bisa mengeluarkan bunyi-bunyian berbeda, misalnya saja panci, ember, kaleng bekas susu, dan lainnya. Siapkan juga alat untuk menjadi pemukulnya, misalnya sendok atau garpu berbahan plastik. Kemudian biarkan si Buah Hati memukul benda-benda yang sudah Moms siapkan. Buah Hati akan mengenal bunyi-bunyian yang berbeda.

 

  • Indra Perasa

Apakah Buah Hati Moms sudah memasuki masa MPASI? Jika ya, Moms bisa melatih indra perasanya dengan mencicipi berbagai jenis rasa. Siapkan gula pasir, garam, madu, kecap manis, mayonais, dan berbagai bahan makanan lain yang aman dikonsumsi Buah Hati. Ajak Buah Hati mencicipi setiap rasa yang berbeda tersebut.

 

  • Indra Peraba

Mentimulasi indra peraba (kulit) sebenarnya ada banyak cara. Mengajak anak bermain playdough, pasir kinetik, menggenggam beras atau pasta, berlarian di rumput, dan masih banyak lagi. Kuncinya adalah dengan memaparkan sebanyak mungkin tekstur yang berbeda pada Buah Hati. Sedangkan untuk Buah Hati yang sudah lebih besar, Moms bisa membentuk huruf dengan menggunakan jari pada bagian punggung, telapak tangan, atau paha si Buah Hati dan minta ia untuk menebak hurus/kalimat yang Moms buat!

 

Nah, tidak terlalu sulit kan Moms? Setelah melakukan permainan stimulasi panca indra, jangan lupa untuk mengajak si Buah Hati bersih-bersih ya! Mandikan Buah Hati dengan prduk perawatan mandi dari Pure Baby mulai dari Pure Baby Milk BathPure Baby Shampoo dan Pure Baby Hair & Body Wash. Semua rangkaian produk Pure Baby telah Dermatologically Tested untuk kulit si Buah Hati yang teramat halus, SLS Free, Halal dan Extra Moisturizer, formula ini sangat cocok untuk perawatan kulit bayi yang sensitif sehingga dapat meminimalisir risiko iritasi. Jadi Moms tidak perlu khawatir menggunakan rangkaian produk Pure Baby untuk si Buah Hati.

Saat ini, Moms dapat melakukan pembelian produk Pure Baby by Tempo Scan di Watson terdekat ataupun secara online melalui Tempo Store yang terdapat di  Lazada dan Shopee.

SUBSCRIBE TO PURE BABY NEWSLETTER

SUBSCRIBE