DEVELOPMENT AND GROWTH

5 Alasan Bayi Baru Lahir Sering Menangis, Perut Kembung Salah Satunya

Bagi bayi menangis adalah cara mereka berkomunikasi. maka jangan heran jika Buah Hati sering sekali menangis. Namun untuk memahami arti tangisan Buah Hati, memang perlu observasi dulu sehingga Moms bisa membedakannya. Setelah tahu alasannya, Moms bisa mengatasinya dengan tepat dan tidak kebingungan lagi. Berikut ini adalah 5 alasan bayi baru lahir sering menangis, perut kembung salah satunya!

 

1. Lapar dan haus

Bayi yang baru lahir cenderung menyusu dengan intensitas tinggi setiap beberapa jam. Ketika mereka merasa lapar atau haus, biasanya bayi akan membuat tangisan pendek bernada rendah yang naik dan turun.

 

Cara menenangkan:

Tawarkan payudara Moms atau botol susu untuk melihat apakah itu yang dimaksudkan oleh si Buah Hati. Mungkin juga mereka tidak merasa lapar, namun ingin mengisap sesuatu yang membuatnya nyaman. Sebagai alternatif, Moms juga bisa menggunakan dot atau teether.

 

2. Kelelahan

Bayi yang lelah atau distimulasi secara berlebihan seringkali berubah menjadi rewel alih-alih tertidur. Misalnya ketika ia terlalu lama bermain sehingga melewatkan jam tidur atau berada dalam perjalanan panjang.

 

Cara menenangkan: 

Membedong bayi adalah salah satu cara yang efektif untuk membantu bayi agar tidur. Dengan membedongnya, mereka akan merasa nyaman seperti saat berada dalam rahim. Cara lainnya adalah dengan perubahan pemandangan juga dapat membantu. Misalnya mengajak bayi berkeliling dengan stroller atau mobil. 

 

3. Kedinginan atau kepanasan

Seperti juga orang dewasa, cuaca yang terlalu dingin atau panas bisa membuat mood baik menjadi buruk. Semakin parah, karena mereka belum bisa mengatakannya pada Moms!

 

Baca Juga: 4 Ciri Bayi Kedinginan, Ini Minyak telon untuk Menghangatkan bayi

 

Cara menenangkan:

Beberapa bayi cenderung nyaman dengan udara sejuk dalam ruangan ber-AC, sebagian lainnya lebih suka angin sepoi-sepoi ketika Moms mengipasinya. Oleh karena itu kenali suhu ruangan yang sesuai bagi Buah Hati Moms dan kenakan pakaian yang nyaman agar ia tidak merasa kepanasan atau kedinginan.

 

4. Popok penuh

Siapapun pasti tahu bahwa popok yang kotor dan penuh akan membuat Buah Hati merasa tidak nyaman. Namun di tengah rasa panik akibat tangisan bayi, Moms mungkin saja melupakan alasan bayi baru lahir sering menangis yang paling mendasar ini!

 

Cara menenangkan:

Ketika Buah Hati menangis, dua asumsi pertama yang paling umum adalah lapar atau popok penuh. Bahkan bayi sering menolak disusui ketika popoknya terasa tidak nyaman. Jadi hal pertama yang harus Moms periksa adalah kondisi popoknya. Apakah Buah Hati buang air dan popoknya sudah perlu diganti?

 

5. Perut kembung

Perut kembung memang biasa terjadi pada bayi, namun meski tidak berbahaya, bukan berarti Moms boleh mengabaikan rasa tidak nyaman yang dialami Buah Hati akibat perut kembung. Ia bisa saja menangis tanpa henti karena masalah ini.

 

Baca Juga: Pelajari, Pijatan Perut Kembung untuk Bayi Anda

 

Cara menenangkan:

Sendawakan bayi setiap habis menyusu. Baik menyusu langsung dari payudara ataupun botol, keduanya sama-sama dapat menyebabkan perut kembung apalagi perlekatan mulut bayi pada puting atau dot tidak pas. Selain memperbaiki posisi menyusui, Moms perlu mempertimbangkan untuk mengganti botol susu jika kejadian perut kembung sering berulang setelah Buah Hati minum susu. Salah satu cara meredakan perut kembung pada bayi juga bisa dengan mengusapkan Pure Baby Minyak Telon Plus sambil memijat perut bayi secara perlahan. Pure Baby Minyak Telon Plus mengandung minyak lavender, bahan alami yang dapat mengusir nyamuk dengan harum yang menyenangkan, minyak eucalyptus yang menghangatkan, melegakan pernapasan, dan efektif menghindarkan bayi dari gigitan nyamuk .

Segera dapatkan produknya di Watson terdekat ataupun secara online melalui Tempo Store yang terdapat di e-Commerce kesayangan Moms.

 

Sebagian sumber: Grow by WebMD

SUBSCRIBE TO PURE BABY NEWSLETTER

SUBSCRIBE