DEVELOPMENT AND GROWTH

5 Aktivitas untuk Merangsang Motorik Halus Bayi

Dilansir dari alodokter, kemampuan motorik halus adalah kemampuan untuk menggerakkan anggota tubuh yang melibatkan saraf, tulang, dan otot, untuk melakukan aktivitas tertentu. Kebanyakan aktivitas ini melibatkan jari-jari tangan dan kaki seperti membuka pintu, menyikat gigi, mencuci tangan, melukis atau menulis, menggerakkan jari kaki, serta membuka dan menutup kancing pakaiannya.

Berikut ini ada beberapa aktivitas yang bisa Moms lakukan untuk merangsang motorik halus si Buah Hati. Tidak sulit kok, bahkan bisa menggunakan barang-barang yang tersedia di rumah. Apa saja ya?

 

  1. Memasang gelang karet pada botol

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melatih otot-otot kecil adalah dengan memberikannya karet gelang untuk dimainkan. Ajarkanlah Buah Hati untuk memasang mengalungkan karet gelang pada botol plastik bekas minuman. 

 

  1. Bermain dengan kertas

Siapkan kertas bekas di meja dan letakkan tangan Buah Hati di atasnya dan biarkan Ia mengeksplorasi kertas tersebut dengan meremas dan merobeknya. Seirng dengan bertambahnya usia, Moms bisa meningkatkan aktivitasnya menjadi menggunting atau menempel kertas.

 

  1. Bermain dengan plastisin

Biarkan anak mencubit, meremas, dan membentuk plastisin menjadi aneka bentuk. Agar lebih aman Moms dapat membuat sendiri adonan dengan bahan-bahan yang dapat dimakan seperti campuran tepung terigu, sedikit minyak, dan pewarna makanan.

 

  1. Mengajari Buah Hati makan dengan sendok

Meski agak menguji kesabaran, cobalah untuk konsisten mengajari Buah Hati menggunakan sendok atau garpu ketika makan dan jangan membantunya. Ia akan menemukan cara untuk menggenggam peralatan makan dan menyuapnya dengan benar (meskipun awalnya berantakan). 

 

  1. Menyusun balok 

Permainan lainnya yang bisa membantu perkembangan motorik halus Buah Hati adalah menyusun balok dan membereskannya sendiri setelah selesai. Ternyata permainan sederhana ini juga bisa melatih motorik halus anak.

Agar anak nyaman selama bermain, gunakan juga Pure Baby Minyak Telon Plus yang mengandung minyak lavender, bahan alami yang dapat mengusir nyamuk dengan harum yang menyenangkan, minyak eucalyptus yang menghangatkan, melegakan pernapasan, dan efektif menghindarkan bayi dari gigitan nyamuk hingga 8 Jam. Dapartkan produknya di Watson terdekat atau Tempo Store di e-commerce kesayangan Moms!

SUBSCRIBE TO PURE BABY NEWSLETTER

SUBSCRIBE