BABY CARE

Tips Mengatasi Eczema Pada Kulit Bayi Sensitif

Eczema atau dikenal juga dengan eksim merupakan masalah kulit yang cukup menjadi momok bagi para ibu. Bukan hanya terlihat mengganggu penampilan si Buah Hati karena ruam merahnya, tapi kenyataannya eczema memang benar-benar bisa membuat bayi tidak nyaman. Selain menimbulkan gatal, kulit kering, dan pecah-pecah, kulit yang mengalami eczema juga bisa luka dan berdarah, akibat digaruk terlalu keras.

Pada bayi, eczema lebih sering muncul di area lipatan kulit, seperti lipat siku, lipat lutut, dan leher. Namun, eczema juga dapat menyebar ke area tubuh lain, termasuk wajah. Ada banyak penyebab eczema pada Buah Hati, salah satunya alergi jenis protein tertentu ataupun faktor keturunan.

Berikut ini adalah tips mengatasi eczema pada kulit bayi sensitif yang bisa Moms terapkan pada si Buah Hati.

1. Mandi dengan cepat

Untuk mengurangi rasa gatal pada kulit, Bunda bisa memandikan si Buah Hati dengan air hangat (suam-suam kuku). Cukup mandikan si Buah Hati selama 10-15 menit dan jangan terlalu lama karena hanya akan membuat kulitnya bertambah kering. Saat memandikan si Buah Hati, gunakan sabun khusus bayi yang berbahan lembut untuk mencegah iritasi pada kulitnya. Setelah selesai mandi, segera keringkan tubuh si Buah Hati dengan handuk yang lembut dan bersih.

2. Gunakan pelembap

Setelah memandikan si BuahHati, Moms bisa mengoleskan pelembab, seperti petroleum jelly, agar kulitnya tidak kering. Pilih pelembap yang diformulasikan khusus untuk kulit bayi dan mengandung bahan-bahan alami. Setelah mandi dan menggunakan pelembap, pilihlah pakaian berbahan katun yang lembut dan dapat menyerap keringat.

3. Cari tahu dan hindari faktor pemicu eczema

Penggunaan sabun dan produk perawatan kulit yang tidak cocok, keringat berlebih, atau reaksi alergi bisa memicu munculnya eczema pada bayi. Oleh karena itu, cari tahu faktor pemicu eczema pada Buah Hati Anda. Jika asalnya dari makanan, maka Moms bisa menghentikan dulu konsumsi jenis makanan tersebut baik untuk Moms maupun si Buah Hati. Sebab eczema bisa saja timbul karena pengaruh ASI yang dikonsumsi bayi. Itu sebabnya Moms juga perlu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi.

Agar eczemanya tidak bertambah parah, jagalah agar bayi tidak kepanasan dan sering berkeringat. Sedangkan untuk menjaga agar kulit si Buah Hati tidak kering, gunakan pelembap udara atau humidifier di dalam ruangan ber-AC.

4. Usahakan agar eczema tidak digaruk

Rasa gatal yang disebabkan eczema tentu akan membuat Buah Hati ingin menggaruknya. Namun, hal ini perlu dihindari karena dapat membuat kulitnya iritasi, luka, bahkan terinfeksi. Gunting kuku si Kecil secara rutin supaya kulitnya tidak luka saat tergaruk. Gunakan sarung tangan bila perlu.

Nah Moms, bayi dengan eczema biasanya memiliki kulit yang lebih sensitif dan penyakit ini bisa kambuh sewaktu-waktu. Penting bagi Moms untuk memilihkan produk perawatan mandi yang sesuai untuk kulit sensitif seperti rangkaian produk dari Pure Baby. Mulai dari Pure Baby Milk Bath, Pure Baby Shampoo dan Pure Baby Hair & Body Wash. Semua rangkaian produk Pure Baby telah Dermatologically Tested untuk kulit si Buah Hati yang teramat halus, SLS Free, Halal dan Extra Moisturizer, formula ini sangat cocok untuk perawatan kulit bayi yang sensitif sehingga dapat meminimalisir risiko iritasi. Jadi Moms tidak perlu khawatir menggunakan rangkaian produk Pure Baby untuk si Buah Hati.

Dapatkan produk Pure Baby di Watson terdekat ataupun secara online melalui Tempo Store yang terdapat di blibli, Lazada, Shopee, Tokopedia, dan JD. Semoga tips mengatasi eczema pada kulit bayi sensitif di atas dapat membantu masalah Moms dan Buah Hati!

Kategori:
BABY CARE

SUBSCRIBE TO PURE BABY NEWSLETTER

SUBSCRIBE