BABY CARE

Tips Mencegah Iritasi Kulit Bayi

Moms, merawat kulit bayi memang gampang-gampang susah. Khususnya bagi Anda yang baru pertama kali memiliki buah hati. Wajar jika Moms merasa khawatir ‘salah langkah’ saat merawatnya, sebab kulit bayi memang sensitif dan mudah iritasi. Berikut ini adalah tips untuk Moms untuk mencegah terjadinya iritasi pada kulit bayi. Apa saja ya?

Memilih pakaian berbahan lembut
Pertama-tama, Moms harus memilih pakaian berbahan lembut yang tidak terlalu tebal dan mudah menyerap keringat seperti kaus berbahan katun. Hindari bahan yang dapat menyebabkan gatal seperti terlalu banyak renda atau rajutan tebal karena akan memicu munculnya keringat lebih banyak dan memicu iritasi.

Mencuci baju dengan detergent khusus
Saat mencuci pakaian si Buah Hati, Moms boleh menggunakan air hangat dan mencampurkan detergen khusus pakaian bayi. Detergen pakaian bayi memiliki formula yang lebih lembut sehingga dapat meminimalisir kemungkinan iritasi pada kulit bayi.

Perhatikan bagian tubuh yang yang lembap
Pada tubuh bayi terdapat bagian-bagian yang lebih mudah berkeringat dan lembap, misalnya leher, ketiak, lipatan lengan, dan pangkal paha yang rawan iritasi dan biang keringat sehingga Moms perlu memberi perhatian ekstra ketika merawatnya. Mulailah dengan rajin mengelap keringat dan menggantikan baju bila mulai terasa basah atau lembap, rajinlah mengganti diaper sekurang-kurangnya 4 jam sekali (Moms dapat menyesuaikan dengan frekuensi buang air bayi).

Saat membersihkan area genital, bokong, pangkal paha yang bersinggungan langsung dengan diaper, pastikan Moms membasuhnya dengan air bersih atau tisu basah non-alkohol. Tunggu hingga benar-benar kering sebelum memakaikan diaper lagi.

Mandikan dalam waktu singkat
Mandi adalah aktivitas kunci untuk menjaga kebersihan tubuh si Buah Hati. Moms bisa memandikan newborn 1-2 kali sehari, dan 2 kali sehari untuk bayi yang lebih besar. Namun Moms perlu tahu, bahwa idealnya bayi dimandikan dalam waktu singkat saja. Dilansir dari web.md, memandikan terlalu lama dan sering justru dapat merusak kelembapan alami kulit bayi. Selain itu, bayi yang belum memasuki fase merangkak biasanya memiliki aktivitas yang sangat terbatas sehingga tubuhnya pun belum terlalu kotor.

Produk mandi berformula lembut
Saat mandi, jangan lupa untuk menggunakan produk mandi berformula lembut yang cocok untuk kulit sensitif si Buah Hati. Moms bisa menggunakan rangkaian produk perawatan mandi dari Pure Baby mulai dari Pure Baby Milk Bath, Pure Baby Shampoo dan Pure Baby Hair & Body Wash. Semua rangkaian produk Pure Baby telah melalui Dermatologically Tested untuk kulit si Buah Hati yang teramat halus, SLS Free, Halal dan Extra Moisturizer, formula ini sangat cocok untuk perawatan kulit bayi yang sensitif sehingga dapat meminimalisir risiko iritasi. Jadi Moms tidak perlu khawatir menggunakan rangkaian produk Pure Baby untuk si Buah Hati.

Saat ini, Moms dapat melakukan pembelian produk Pure Baby di Watson terdekat ataupun secara online melalui Tempo Store yang terdapat di blibli, Lazada, Shopee, Tokopedia, dan JD.

Kategori:
BABY CARE

SUBSCRIBE TO PURE BABY NEWSLETTER