PARENTING

Perhatikan 5 Hal Ini Jika Moms Berpuasa Sambil Menyusui

Memasuki bulan Ramadan tentu Moms ingin menjalankan ibadah sebaik mungkin. Namun dalam kondisi telah menjadi seorang ibu khususnya yang masih menyusui si Buah Hati, wajar bila akhirnya timbul kekhawatiran. Apakah berpuasa dapat mengganggu produksi ASI, apakah si Buah Hati kebutuhan ASI-nya tercukupi, dan banyak lagi. Jika Moms tetap ingin berpuasa di masa-masa menyusui, ada baiknya memperhatikan 5 hal berikut ini.

  1. Menu berbuka dan sahur
    Berpuasa sambil menyusui memang bukan hal yang mudah. Moms harus memperhatikan menu makanan ketika berbuka dan sahur. Pastikan makanan yang dikonsumsi mengandung kebutuhan gizi yang dibutuhkan dengan komposisi 20% lemak, 30% protein, dan 50% karbohidrat. Pecah jam makan agar tetap 3 kali sehari yaitu pada saat sahur, berbuka, dan malam hari sekitar pukul 20.00. Jangan dulu memikirkan timbangan berat badan, yang terpenting Moms bisa berpuasa dengan tetap sehat dan mengASIhi secara optimal.
  2. Banyak Minum Air Putih
    Asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh selama berpuasa sangat penting. Sebab air sangat dibutuhkan untuk mempertahankan kuantitas produksi ASI. Minumlah air putih minimal 2 liter dalam rentang waktu setelah berbuka hingga sahur. Tambahan cairan lain seperti jus buah atau susu juga boleh dikonsumsi.
  3. Istirahat yang cukup
    Jangan sampai kelelahan apalagi stres. Sebab kedua hal hal ini dapat memengaruhi kuantitas ASI. Pastikan Moms dapat memenuhi kebutuhan tidur dan hindari beraktivitas yang terlalu berat dan melelahkan agar dapat menjalani puasa dengan lancar.
  4. Jadwal menyusui dan memompa
    Tetap berikan ASI kepada si Buah Hati sesering mungkin atau sesuai dengan kebutuhannya. Tepati juga jadwal memerah ASI agar produksi ASI terus terstimulasi dan tetap normal.
  5. Usia si Buah Hati
    Usia si Buah Hati ternyata bisa menjadi pertimbangan untuk memutuskan apakah Moms sudah siap berpuasa sambil menyusui atau tidak. Jika Moms memiliki bayi usia 6 bulan yang belum memasuki fase MPASI, maka pertimbangkan benar-benar apakah Moms sanggup berkomitmen untuk menjaga kualitas dan kuantitas produksi ASI. Sebab si Buah Hati belum menerima asupan sumber nutrisi selain ASI.

Bagaimanapun, yang paling mengenal diri sendiri dan batasan tubuh adalah diri Moms sendiri. Pada dasarnya puasa tidak akan membuat kualitas dan kuantitas ASI jadi menurun selama dilakukan dengan tepat ya Moms

Kategori:
PARENTING

SUBSCRIBE TO PURE BABY NEWSLETTER