PARENTING

Pentingkah Bonding antara Moms dan si Buah Hati?

 

Bonding antara ibu dan Buah Hati adalah hal yang alami. Namun jika tidak dilakukan sedini mungkin, Moms tetap bisa mengalami kesulitan untuk menciptakan bonding dengan si buah hati. Idealnya, dengan bonding yang erat, Buah Hati akan merasa aman, nyaman, dan dicintai oleh ibunya. Namun, jika bonding tidak berjalan baik, maka akan mempengaruhi tumbuh kembangnya bahkan berdampak jangka panjang untuk hubungan ibu dan Buah Hati.

Lantas, bagaimana caranya agar bonding dapat berjalan optimal? Moms, dapat melakukan beberapa cara berikut ini.

Menyusui

Menyusui adalah aktivitas yang mendekatkan Moms dan Buah Hati secara natural. Selama proses menyusui, ibu dan bayi akan merasakan koneksi yang sangat intens karena bayi dapat mendengarkan detak jantung ibu, mencium aroma khas ibu, dan juga sentuhan kulit. Pada momen ini Moms dan Buah Hati juga akan saling memperhatikan ekspresi wajah dan bahasa tubuh yang membuat Moms lebih mudah memahami si Buah Hati

Kontak mata
Seperti halnya saat berinteraksi dengan orang dewasa, kontak mata dengan Buah Hati juga sangat penting. Lakukan kontak mata pada setiap kegiatan yang Moms lakukan dengan Buah Hati, misalnya saat menyusui, mengganti popok, menggendong, memandikan, dan lain sebagainya.

Menggendong

Buah Hati memang sangat suka berada di dalam gendongan ibunya. Dalam dekapan Moms, tentu ia akan merasa lebih nyaman . Moms juga dapat mengajak Buah Hati melihat cermin sambil menggendongnya agar pikirannya dapat menangkap momen kebersamaan tersebut.

Hadir Secara Utuh

Ketika Moms menghabiskan waktu dengan si Buah Hati, pastikan Moms hadir secara utuh. Bukan hanya secara fisik tetapi juga hati dan pikiran. Hindari fokus dengan smartphone atau hal lain ketika Moms sedang bersama si Buah Hati.

Menyanyi dan Bicara

Perdengarkan suara Moms sesering mungkin pada Buah Hati. Bisa dengan menyanyi atau mengajaknya bicara. Hal ini akan mempercepat bayi mengenal suara ibu. Hal ini membantu ikatan bayi dan ibu dengan baik. 

Memijat

Pijatan adalah salah satu cara yang bisa mempererat bonding antara Moms dan Buah Hati. Selain itu pijatan lembut juga dapat memberi manfaat kesehatan untuk Buah Hati. Saat memijat Buah Hati, gunakan Pure Baby Minyak Telon Plus yang terbuat dari bahan alami Lavender, Geranium, dan Eucalyptus. Bermanfaat untuk memberikan rasa hangat dan nyaman pada tubuh bayi, efektif menghindari bayi dari gigitan nyamuk selama 8 jam, serta efektif melawan virus. Usapkan pada dada, perut, pinggang, dan bagian tubuh terbuka yang mudah digigit nyamuk seperti tangan dan kaki setiap hari, terutama sehabis mandi dan bila udara dingin.

Nah Moms, tidak sulit bukan membangun bonding dengan Buah Hati? Lakukan tips di atas dan biarkan naluri keibuan Anda berbicara!

Kategori:
PARENTING

SUBSCRIBE TO PURE BABY NEWSLETTER