BABY CARE

Pelajari, Pijatan Perut Kembung untuk Bayi Anda

Bayi menangis tanpa henti karena perut kembung, pasti akan membuat Moms kewalahan, bahkan frustasi. Perut kembung sangat mungkin dialami oleh semua bayi, khususnya yang masih newborn. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari posisi menyusu yang salah, metode pemberian ASIP yang tidak tepat, masuk angin, dan banyak lagi. Ada baiknya agar Moms mempelajari, pijatan perut kembung untuk bayi. Seperti apa ya?

1. Water-wheel

Letakkan satu tangan Moms tepat di bawah tulang rusuk si Buah Hati. Lakukan gerakan mengusap perut ke arah bawah, lanjutkan dengan tangan yang lain secara bergantian (sambung menyambung) dengan perlahan dan stabil.

2. Knee up

Tekuk kedua lutut bayi ke arah perutnya. Kemudian gambar sebuah lingkaran dengan lutut searah jarum jam. Gerakan tersebut dapat memberikan tekanan pada perutnya ketika Moms membuat ‘lingkaran’ bagan atas dan melepaskan tekanan ketika membentuk ‘lingkaran’ bawah.

3. Sun & moon

Letakkan telapak tangan di perut Buah Hati kemudian buat pola lingkaran searah jarum jam dengan telapak tangan kanan di perut bayi, kemudian diikuti tangan kiri. Disebut pijatan “Sun & Moon” karena tangan Moms bergerak seperti sikrus matahari terbit dan munculnya bulan.

4. I love u

Teknik pijat “I Love U” sebenarnya cukup populer. Moms cukup menyatukan jari telunjuk dan jari tengah. Letakkan jari di perut bayi bagian kiri. Kemudian, tekan dengan lembut ke arah bawah hingga seperti membentuk huruf I. Lalu, mulai dari perut bagian kiri, geser ke arah kanan, kemudian ke bawah hingga seperti membentuk huruf L. Setelah itu, dimulai dari atas paha kanan, geser jari hingga membentuk huruf U ke arah lipatan kaki kiri.

5. Riding bicycle

Ambil kedua kaki bayi ke tangan Moms, perlahan gerakkan kakinya seolah-olah sedang mengendarai sepeda. Satu kaki pada satu waktu, tahan selama lima detik sebelum menggerakkan kaki berikutnya memberikan tekanan ke perut bagian bawah dengan kakinya.

6. Sentuhan menenangkan

Letakkan tangan Moms dengan kuat di atas perut bayi, gerakan ini disebut "touch relaxation" dan Moms akan menggunakannya untuk menghubungkan pernapasan dengan si Buah Hati dan mengirimkan perasaan cinta kepadanya. Ini juga saat yang tepat untuk merasakan 'gelembung' atau gas di usus. Lakukan setiap langkah empat hingga enam kali dan ulangi semua langkah setidaknya dua kali sehari selama dua minggu.

Tidak sulit untuk dipraktikkan di rumah kan Moms?. Namun ingat, sebelum memulai pijatan, olesi dulu kedua telapak tangan Moms dengan Pure Baby Minyak Telon Plus agar lebih mudah melakukan pijatan sekaligus membuat perut bayi yang kembung terasa hangat dan nyaman. Pure Baby Minyak Telon Plus mengandung minyak lavender, bahan alami yang dapat mengusir nyamuk dengan harum yang menyenangkan, minyak eucalyptus yang menghangatkan, melegakan pernapasan, dan efektif menghindarkan bayi dari gigitan nyamuk. Segera dapatkan produknya di Watson terdekat ataupun secara online melalui Tempo Store yang terdapat di blibli, Lazada, Shopee, Tokopedia, dan JD.id.

Kategori:
BABY CARE

SUBSCRIBE TO PURE BABY NEWSLETTER

SUBSCRIBE